AMBON, Siwalimanews – Hasil pantauan kegiatan pemu­ngutan dan penghitungan suara langsung di wilayah hukum Polda Maluku berjalan aman dan kondusif.

Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, mengaku dari hasil pan­tauan ada beberapa kasus kecil di TPS yang dapat diselesaikan oleh panitia dan petugas keamanan di sana. Penye­lesaian dilaku­kan dengan menge­depan­kan persuasif.

Kapolda menyampaikan bila ada upaya-upaya yang ingin mengga­galkan taha­pan pemilu agar jangan ragu untuk ditindak tegas dan dipro­ses sesuai hukum dan aturan yang telah ditetapkan.

Kepada semua pihak, Kapolda berpesan untuk menghormati hasil­nya dan tetap menjaga kerukunan dan kedamaian di tempat masing-masing.

“Bila ada dugaan pelanggaran ataupun kecurangan dapat disalur­kan melalui proses hukum yang telah disiapkan melalui mekanis­me dan aturan yang telah ditetap­kan,” kata Kapolda kepada warta­wan di Ambon, Kamis (15/2).

Baca Juga: Pangdam Hadiahkan Umroh Gratis bagi 15 Prajurit

Kapolda juga memberikan apresiasi kepada penyelenggara pemilu dan aparat keamanan yang telah bekerja dengan sangat baik, serta mengingatkan agar penyelenggara pemilu terus bekerja menuntaskan proses selanjutnya dengan profesional dan sesuai aturan yang berlaku.

“Proses penghitungan suara kemarin di wilayah Maluku berjalan aman dan kondusif. Mari kita hor­mati hasilnya dan tetap menjaga keda­maian di Maluku,” ajaknya. (S-10)