DOBO, Siwalimanews – Sebagai langkah persiapan vaksinasi tahap pertama yang digelar bulan Februari nanti, maka Puskesmas Siwalima di Kecamatan Pulau-Pulau Aru akan menggelar simulasi.

Kepala Puskesmas Siwalima, Hadija Hasyim menjelaskan, simulasi yang akan dilakukan pihaknya, merupakan upaya agar masyarakat dapat mengetahui pelaksanaan vaksinasi Covid-19 nanti.

“Kami dari PKM Siwalima akan melaksanakan simulasi dan kami juga telah buat simulasi dalam bentuk video agar dapat ditunjukan kepada seluruh masyarakat agar lebih mudah untuk ketahui dan mengerti bagaimana alur pelaksanaan vaksinasi nantinya,” ucapnya.

Ia menuturkan, ada empat alur vaksinasi yang harus dilakukan, yakni mulai dari pendaftaran dengan menunjukan bukti pemberitahuan melalui SMS, setelah itu pemeriksaan tekanan darah, dilanjutkan screening kesehatan untuk mengetahui calon penerima vaksin bisa divaksin atau tidak.

“Jika berhasil atau tidak ada kendala, maka calon penerima vaksinasi langsung divaksin. Ini kita lakukan sesuai SOP,” ujarnya.

Baca Juga: Polda Maluku Diberi Waktu 3 Hari Selesaikan Laporan Keuangan

Pada kesempatan itu Hasyim menghimbau masyarakat haruslah tetap tenang dan janganlah terpancing berbagai kabar hoax yang tidak jelas. Masyarakat juga diminta selalu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan serta menjaga Jarak. (S-25)