AMBON, Siwalimanews – Ruang pelayanan Kantor Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Bea Cukai, Kompleks Pelabuhan Yos Sudarso Ambon Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Minggu (21/6) sekitar pukul 14.30 WIT terbakar.

Kebakaran diduga kuat dari hubu­ngan arus pendek listrik atau korsle­ting listrik. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Kassubag Humas Polresta Ambon, Ipda M. Titan Firmansyah menjelaskan, dari keterangan saksi Boris Toffi yang merupakan securiy kantor tersebut menjelaskan, saat kejadian dirinya sementara duduk didalam pos security, ia melihat asap di depan halaman kantor.

“Saksi lihat asap didepan halaman kantor, tapi saya kira asap tersebut berasal dari warga yang sedang membakar ikan, tapi asap semakin banyak,” terang Firmansyah.

Saksi kemudian masuk ke dalam kantor untuk melihat sumber asap di dalam ruangan pelayanan umum.

Baca Juga: BWS Caplok Lahan Adat 422 Ha Tanpa Ganti Rugi

Memastikan kebakaran, ia kemu­dian meminta tolong warga sekitar kantor untuk memadamkan api.

“Saksi kemudian meminta tolong kepada warga yang berada disekitar kantor untuk bantu padamkan api,” ujarnya.

Sementara saksi yang lain, La Dedi yang merupakan buru pelabu­han mengaku, mendengar teriakan minta tolong padamkan api dari securiy Kantor Bea Cukai tersebut.

“Waktu dengar teriakan, saya dan teman-teman sedang duduk di samping Kantor Bea Cukai. Security pangil bantu dulu karena ada keba­karan,” terang Firmansyah mengutip menjelasan sanksi.

Setelah masuk ke dalam kantor, dirinya bersama security serta teman-teman yang lain mencari sumber api.

“Kita masuk ingin cari tahu api dari mana, namun karena asap yang sudah memenuhi ruangan kami keluar kantor, dan mencari kotak panel listrik dan menurunkan sekring listrik dan security pergi ke kantor pemadam untuk meminta bantuan,”  sebutnya.

Sekitar pukul 14.45 WIT, personil KPYS dan unit PRC Polresta Ambon yang dipimpin oleh Kapolsek KPYS AKP. Arief Budiharso tiba di TKP dan langsung mengamankan TKP.

Menurutnya, setelah mendapat­kan laporan adanya kebakaran, 8 unit mobil pemadam kebakaran Kota Ambon diterjunkan ke lokasi kejadian dan memadamkan api.

Kepala Dinas Pemadam Keba­karan dan Penyelamatan, Edwin Pattikawa yang dikonfirmasi Siwa­lima membenarkan terjadi kebakaran, di ruang pelayanan Kantor Pelaya­nan Bea dan Cukai Pelabuhan Yos Sudarso. “Saat dapat laporan, kita lang­sung turunkan 8 unit mobil pemadam ke lokasi dan api berhasil dijinakan sekitar 1 jam kemudian,” terang Pattikawa.

Ia menjelaskan, api selain mem­bakar ruangan pelayanan juga membakar sebagian dinding kantor.

“Tidak ada korban jiwa dari peris­tiwa ini, namun kerugian material dan api sudah berhasil kita padamkan,” ujarnya. (S-39)