AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Maluku, Aziz Sangkala menilai penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat belum maksimal.

Buktinya masih banyak masyarakat Maluku yang merasakan kekurangan belum tersentuh bantuan tersebut.

Menurutnya, Pemerintah Daerah kedepan harus terus mengadvokasi berbagai sumber agar memastikan, bantuan sosial baik dari pemerintah pusat maupun daerah terus diberikan kepada masyarakat termasuk mengcover melalui dana desa.

Selain itu, mengadvokasi kepada berbagai sumber yang dapat memastikan batuan itu dapat baik dari pempus, provinsi maupun Kabupaten dan Kota termasuk mengcover mallui dana desa.

DPRD melalui tim pengawasan covid-19, kata Sangkala akan melakukan evaluasi dengan seluruh SKPD yang memberikan bantuan sosial kepada masyarakat untuk memastikan bantuan sosial tetap berlanjut.

Baca Juga: Ramai-ramai Kecam Aksi Brutal Oknum Anggota TNI-AL

Selain itu, para pengelola bantuan sosial juga diminta untuk memastikan bantuan berjalan dengan baik, sesuai dengan aturan dan tidak terjadi peristiwa seperti di Kementerian Sosial yang dapat merugikan masyarakat.

Sangkala juga mengingatkan, Dinas Koperasi dan UMKM Maluku untuk terus mensosia­lisasikan program bantuan UMKM bagi pelaku-pelaku UMKM agar dapat menjaring sebanyak-banyaknya  UMKM untuk mendapatkan bantuan.

“Kita berharap sudah bisa meng­cover sebagian besar, kalaupun masih ada yang belum tercover mudah-mudahan 2021 nanti pemerintah masih membu­ka ruang untuk untuk mengcover yang belum,” tuturnya. (S-50)