AMBON, Siwalimanews –  Program mudik gratis merupakan agenda utama Pemprov Maluku dengan menyediakan transportasi baik darat maupun laut bagi warga yang akan berkumpul dengan sanak saudaranya di kampung halaman ketika hari raya tiba.

Namun sayangnya ditahun ini, Dinas Perhubungan Maluku memastikan tak ada lagi program mudik gratis untuk warga yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru 2021.

“Tahun ini memang kita tidak gelar mudik gratis untuk warga yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru,” jelas Kadishub Maluku M Ali Malawat kepada, Rabu (25/11).

Sebenarnya anggaran mudik gratis untuk setiap perayaan hari besar keagamaan kata dia, memang sudah disiapkan pemerintah. Namun seiring waktu berjalan, wabah covid menyerang sehingga pemerintah mengambil kebijakan untuk mengalihkan sebagian besar anggaran untuk penanggulangan bencana virus corona.

“Karena refocusing, anggaran kita untuk mudik sudah dialihkan,” ujar Malawat.

Baca Juga: Lanjut PSBB, Pemkot Diminta Bangun Kepercayaan Masyarakat

Menurutnya, untuk mudik tetap dilakukan oleh masyarakat di akhir tahun 2020, tetapi tidak gratis. Untuk memantau arus mudik dan arus balik, pihaknya akan membangun sejumlah posko pemantauan dengan melibatkan instansi vertikal lainnya.

Posko pemantauan ini kemungkinan akan baru disiapkan pada minggu kedua di pelabuhan, bandara dan di sejumlah titik kemacetan di dalam Kota Ambon dan kabupaten/kota lainnya di Maluku.

“Jadi posko pemantauan tetap kita bangun seperti di pelabuhan, di bandara dan pintu-pintu masuk menuju kabupaten/kota,” tuturnya.

Selain itu, ditengah pandemi ini, ia juga meminta masyarakat yang berencana untuk mudik selalu memperhatikan atau menerapkan protokol kesehatan.

“Jangan sampai kita mudik kemudian menimbulkan klaster baru bagi saudara kita di kampung halaman, pikirkan baik-baik sebelum pulang, dan patuhi ptorokol kesehatan sesuai arahan pemerintah,” himbaunya.(S-39)