NAMLEA, Siwalimanews – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat Muslim di Indonesia.

Bulan Ramadhan juga dimanfaatkan berbagai kalangan untuk berbagi. Ini terlihat di beberapa tempat seringkali ditemui takjil gratis yang disediakan oleh orang yang ingin berbagi di bulan Ramadhan.

Bagi umat Muslim, memberi makanan atau minuman bagi orang lain yang hendak berbuka puasa menjadi kewajiban meskipun hanya seteguk air.

Seperti halnya yang dilakukan para jurnalis di Kabupaten Buru dengan membagikan takjil kepada warga di dalam Kota Namlea, Rabu (5/4).

Ratusan kotak nasi dan air mineral serta es buah diberikan kepada pejalan kaki, pengguna sepeda motor, pengayuh becak, serta masyarakat yang ditemui di jalanan dan pasar.

Baca Juga: DPRD Ingatkan Kadinkes Perhatikan Program Vaksin di KKT

Selain membagikan takjil, warga juga dibagikan masker dengan pesan agar selalu menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 3M.

Lili Ohorella, wartawan senior Maluku di sela-sela kegiatan itu menjelaskan, memberi makanan secara gratis pada bulan Ramadhan banyak dikenal dengan istilah memberi takjil, baik berupa makanan ringan ataupun nasi.

Tujuan utamanya pun adalah demi membatalkan puasa yang telah dikerjakan selama seharian penuh.

“Rekan-rekan wartawan juga sudah niatkan untuk berbagi di bulan Suci Ramadhan kali ini. Dalam keadaan pandemi Covid-19  sekperti ini, mungkin banyak orang yang tidak bisa kemana-kemana. Olehnya itu rekan-rekan berbagi sedikit menu buka puasa untuk masyarakat,” ucap Ohorella.

Dijelaskan, dalam ajaran agama Islam sendiri, seperti dikutip dari buku saku sukses Ibadah Ramadhan yang diterbitkan LTN PBNU mengajarkan, bahwa orang yang memberi buka puasa dapat memperoleh pahala layaknya orang yang berpuasa tersebut.

“Zaid bin Khalid Al-Juhani berkata bahwa Nabi Muhammad bersabda, Barang siapa memberi buka puasa bagi orang puasa, maka ia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang puasa sedikitpun,” ucap Ohorella mengutip hadits HR Tirmizi.

Kareteker PWI Kabupaten Buru Anto Rada menambahkan, dalam rangka hari kebebasan pers sedunia yang jatuh setiap 3 Mei dan dalam suasana pandemi, rekan-rekan wartawan menyisihkan sedikit rejeki untuk berbagi takjil di bulan Ramadhan.

Ia juga berpesan agar masyarakat selalu menaati protokol kesehatan dan berharap agar Covid 19 segera berakhir.

Usai berbagi takjil, para jurnalis ini melanjutkan kegiatan mereka dengan buka puasa bersama dan Sholat Magrib berjamaah. (S-31)