AMBON, Siwalimanews –  PT PLN kini telah membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kota Ambon.

SPKLU ini yang terletak di depan Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ambon Kota tersebut, merupakan yang pertama di Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Langkah ini merupakan dukungan dari PLN di era kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

“Pembangunan SPKLU ini sebagai upaya PLN dalam mempercepat era kendaraan listrik nasional melalui kehadiran beragam infrastruktur pendukungnya. Dan kini akan kami hadirkan di Kota Ambon,” ungkap General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara Adams Yogasara dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Kamis (1/4).

SPKLU yang dibangun ini kata Adams, sudah dapat diamanfaatkan pada bulan April ini oleh masyarakat yang memiliki kendaraan listrik berbasis baterai.

“Kami segera mengakselerasi pembangunannya, sehingga di bulan April ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat,” janjinya.

Baca Juga: Fatlolon: KKT Siap Dialog dengan Gubernur Maluku

Menurutnya, pembangunan SPKLU ini juga dilakukan untuk mendorong gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik atau electrifying lifestyle yang bebas emisi dan ramah lingkungan seperti motor listrik, kompor induksi, skuter listrik, dan lain sebagainya.

“Kami juga melihat sudah terdapat beberapa store kendaraan listrik, baik motor, skuter atau sepeda listrik di Ambon. Kedepan kami harap ini juga dapat membuka pasar mobil listrik di Ambon,” tuturnya.

Sebagai informasi, sesuai dengan Peraturan Presiden dan Permen ESDM No.13 Tahun 2020, PLN mendapat penugasan sebagai ujung tombak penyediaan infrastruktur pengisian kendaraan listrik.

“Untuk itu, PLN terus berkomitmen agar dapat mengakselerasi pembangunan infrastruktur pendukung bagi KBLBB di Indonesia,” pungkasnya. (S-51)