AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy menegaskan, awal Juni 2020 pihaknya akan mengumumkan hasil kelulusan tingkat SD/MI dan SMP/MTs. Untuk mekanisme pengumuman, pihaknya kembalikan kepada sekolah masing-masing mengaturnya.

“Jadi, nantinya untuk pengumuman itu diatur oleh pihak sekolah. Bagaimana caranya, apakah lewat surat atau melalui tempel pengumuman di sekolah, mekanisme itu dinas kembalikan kepada pihak sekolah yang mengaturnya,” jelas Salatalohy yang ditemui di Balai Kota Ambon, Rabu (27/5).

Dikatakan, seluruh persiapan menjelang pengumuman sudah dilakukan pihak sekolah.Penentuan kelulusan itu menjadi tanggung jawab sekolah dan semuanya sudah selesai.

Pengumuman kelulusan tingkat SD direncanakan serentak se-Kota Ambon pada 9 Juni 2020. Sedangkan pengumuman tingkat SMP direncanakan 5 Juni 2020.

“Kita pastikan  5 Juni itu pengumuman tingkat SMP dan SD 9 Juni 2020,” kata Salatalohy.

Sesuai jadwal yang sudah ditentukan, Salatalohy berharap hari itu semua sekolah seragam mengumumkan kelulusan. Soal nanti waktu berbeda tidak jadi masalah yang penting tanggal 5 dan 9 itu umumkan hasil.

Menurutnya, penetapan tanggal itu berdasarkan juknis yang sudah dikeluarkan Walikota dan sesuai dengan surat edaran Kementerian Pendidikan Nasional  Nomor 4 tahun 2020  yang membahas mengenai pendidikan di masa pandemik Covid-19.

“Nah, yang jelas penetapan tanggal kelulusan itu berdasarkan pada juknis yang telah dikeluarkan oleh pak walikota  dan juknis itu juga adalah bagian dari unsur-unsurnya dari surat edaran Menteri Pendiidkan itu,” pungkas Salatalohy. (Mg-6)