AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Provinsi Maluku, Benhur George Watubun menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga situasi kamtibmas aman dan kondusif menjelang pelaksanaan pemilu pada 14 Februari esok.

Benhur menjelaskan, tinggal sehari lagi masyarakat Maluku akan mengikuti pesta demokrasi untuk menentukan kepemimpinan nasional dan para wakilnya di lembaga perwakilan. Momentum ini mestinya disikapi dengan menjaga keamanan dan ketertiban, agar masyarakat dapat menyalurkan hak pilihnya sesuai dengan hati nuraninya.

“Sebagai pimpinan DPRD kami meminta masyarakat Maluku untuk menjaga keamanan dengan baik agar momentum nasional yang dihelat lima tahun sekali ini dapat berjalan dengan damai,” ujar Benhur kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (13/2).

Watubun menjelaskan, perbedaan pilihan dalam kontestasi politik merupakan hal biasa, tetapi yang terpenting adalah menjaga keamanan ditengah lingkungan masing-masing.

Perbedaan pilihan politik merupakan kekayaan yang mestinya dijaga dalam bingkai kebersamaan yang saling menghormati dan menghargai.

Baca Juga: Jaksa Diminta Usut Dugaan Korupsi Pengadaan Mobil di Desa Watidal

“Keamanan itu penting untuk kita jaga dan kita rawat secara bersama. Sebab bagaimanapun perbedaan pilihan adalah hak semua orang, sehingga mesti kita hargai agar pesta demokrasi dapat berlangsung dengan tertib dan aman. Jangan sampai karena perbedaan pilihan politik lalu kita menjadi bermusuhan yang menjadi pemicu ketidakharmonisan antar warga,”  ucapnya.

Watubun juga meminta aparat kepolisian untuk tegas dalam menjaga suasana kamtibnas jelang pemilu, khususnya pada daerah-daerah rawan gangguan kamtibmas, sehingga legitimasi pemilu dapat terjaga.(S-20)