PIRU, Siwalimanews – Menjelang peringatan hari ulang tahun ke-20, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat menggelar sejumlah lomba.

Salah satu lomba yang menjadi perhatian yakni lomba cipta menu jajanan kuliner diikuti oleh 11 kecamatan dan pelaku usaha ekonomi kreatif yang dipusatkan di kantor bupati, Kamis (4/1).

Penjabat Bupati SBB Andi Chandra As’aduddin dalam sam­butannya mengaku menu kuliner yang ditampilkan ini sehingga dapat bersaing dengan daerah lain.

“Target kita mendapat Api Award seperti kuliner rujak Natsepa,” kata bupati.

Dirinya juga yakin kuliner yang ada d kabupaten SBB memiliki ciri khas tersendiri ketika diolah menjadi makanan lokal.

Baca Juga: Langgar Aturan, Ratusan APK Caleg Dicopot

Belajar dari pengalaman sebe­lumnya dimana rujak natsepa bisa meraih penghargaan, pemkab SBB juga tidak mau ketinggalan.

“Jajanan kuliner rujak tersebut bisa meraih penghargaan tertinggi kuliner daerah. Mereka bisa kenapa kita di SBB tidak bisa,” tuturnya.

Selain itu ia juga mencontohkan, apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Ambon dalam perlombaan kuliner menjadi pekerjaan rumah bagi pihaknya agar bisa meraih penghar­gaan yang sama di Api Award.

Ia juga meminta kepada dinas terkait agar membantu masyarakat meningkatkan perekonomian dengan cara dibangun tempat jualan rujak di sepanjang pantai.

“Apabila kita sudah menemukan menu khas kita, nantinya kita akan tampilkan menu makanan khas di tempat wisata seperti Pemandian Air Putri, Pelabuhan Waipirit dan wisata lainnya,” pintanya.

Makanan lokal khas SBB, lanjutnya harus bisa memberikan kontribusi kepada program-program nasional dan makanan-makanan itu harus memberikan nilai untuk kontribusi di tingkat nasional.

“Dengan momen lomba ini diharapkan mampu mendorong kreativitas dan inovasi masyarakat lebih khususnya para pelaku eko­nomi kreatif,” tandasnya.(S-18)