MASOHI, Siwalimanews – Dalam rangka Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari besok, maka insan pers Maluku Tengah menggagas sejumlah kegiatan.

Sejumlah kegiatan yang digelar antara lain, bhakti sosial yang diramu dalam bentuk pembagian sembako lebih dari 1000 paket, penghijauan, serta diskusi publik yang akan digelar pada puncak perayaan HPN nanti.

Ketua Panitia Pelaksana Stewart Toisuta menyebutkan, pers Maluku Tengah tahun ini sengaja menggelar kegiatan dimaksud sebagai bentuk apresiasi terhadap peringatan HPN tahun ini di lingkungan Bumi Pamanunusa.

Kegiatan ini, merupakan wujud bakti insan pers yang bertugas di kabupaten bergelar Pamahanunusa itu.

Baca Juga: Warga Gereja Butuh Figur Menyejukkan

“Minggu 7  Februari kemarin kegiatan bhakti sosial yang digagas dengan pembagian 1000 paket sembako telah dilaksanakan dengan sasaran 3 panti asuhan, 1 pesantren serta warga masyarakat di 5 kelurahan di Kota Masohi, sedangkan hari ini kita gelar kegiatan penghijauan dengan sasaran hutan Kota Masohi dengan jumlah bibit yang ditanam sebanyak 250 anakan pohon umur panjang,” jelasnya.

Selain itu, kata Toisuta, diskusi publik dengan tema Mengawal Demokrasi Mencerdaskan Masyarakat Untuk Berpikir Positif akan digelar pada puncak perayaan HPN.

Diskusi ini, direncanakan akan menghadirkan sejumlah narasumber handal mulai dari akademisi, politisi dan birokrat, yang intinya mengarahkan masyarakat untuk tetap berpikir dan bertindak positif.

“Persiapan untuk diskusi publik saat ini sedang dilakukan, dengan harapan kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar,” harapnya.

Untuk diketahui sejumlah kegiatan yang telah berjalan sukses ini bekerja sama dengan Pemkab Malteng, Batalyon 731 Kabaressi, Polres Malteng serta berbagai mitra pers lainnya.

Kegiatan baksos dan penghijauan yang telah berjalan lanjut Toisuta, diharapkan dapat membius pihak lainnya, agar di masa mendatang dapat kembali dilakukan. Pasalnya, kegiatan ini secara tidak langsung dapat memberi dampak positif serta bermanfaat bagi masyarakat.

“Memang baksos yang kami lakukan saat ini masih terbatas. Namun demikian hal itu sangat berdampak dan bermanfaat bagi masyarakat, apalagi di masa pandemi yang terus berlangsung sampai sekarang ini. Olehnya kami berharap langkah itu dapat ditularkan kepada pihak lainnya yang memiliki kelebihan rejeki untuk dapat berbagi dengan masyarakat, sebab sekecil apapun bantuan yang kita berikan kepada masyarakat, hal itu sangat berarti,” tandasnya.

Untuk diketahui kegiatan penghijauan dibuka oleh Wakil Bupati Malteng Marlatu Leleury serta turut dihadiri oleh Dandim 1502 Masohi Letkol Infanteri Nunung Wahyu Nugroho, Kapolres Malteng AKBP Rosita Umasugi,  Kajari Malteng Juli Isnur,Wadanyon 731 Kabaressi Mayor Infanteri Hamanja, para tokoh agama, tokoh pemuda serta seluruh insan pers Malteng. (S-36)