AMBON, Siwalimanews – Rasmono (50) ABK KM Makmur Mandiri yang terjatuh dari atas kapal pada Jumat (5/3) malam, akhirnya ditemukan telah meninggal dunia oleh tim SAR gabungan pada hari kedua proses pencarian, Minggu (7/3).

Kepala Kantor SAR Ambon Mustari dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Senin (8/3) menyebutkan, pada proses pencarian hari kedua oleh tim rescue unit siaga SAR Dobo beserta unsur potensi SAR menggunakan Sea Rider TNI AL bergerak menuju area pencarian sejak pukul 07.00 WIT pada koordinat 5º 46’ 59’’ S – 134º 11’ 1’’ E dan 5º 42’ 39’’ S – 134º 11’ 1’’ E.

“Kemudian pada pukul 11.25 WIT, sejumlah alut juga dikerahkan diantaranya Sea Rider TNI AL, speed boat milik Dishub Aru, dan longboat masyarakat, menyisir sekitar area pencarian, dan pada pukul 2100 WIT korban berhasil ditemukan Tim SAR gabungan dipermukaan air dalam kondisi meninggal dunia,” ucap Mustari.

Setelah mendapati korban dalam kondisi meninggal, jenazah korban selanjutnya dievakuasi menuju Rumah Sakit Cenderawasih Dobo.

Proses pencarian korban sendiri tim SAR menghadapi kondisi cuaca, hujan ringan, serta kesecapatan angin 5-20 knot yang bertiup dari arah barat menuju barat laut, sementara tinggi gelombang 1,25 – 2,5 meter.

Baca Juga: Jatuh dari Atas Kapal, ABK Makmur Mandiri Hilang di Perairan Dobo

“Unsur SAR yang terlibat diantaranya, tim rescue unit siaga SAR Dobo, TNI AL, Dishub Aru dan nelayan setempat. Sementara peralatan yang digunakan diantaranya, Sea Rider  milik TNI AL, speed boat milik Dishub Aru serta longboat milik masyarakat,” ujar Mustari.

Dengan ditemukannya korban dalam kondisi meninggal dunia, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup. (S-39)