GUNA menjaga kualitas air yang adalah kebutuhan dasar manusia, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah  membangun dan menggagas kerja sama dengan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (TKLPP) Kelas II Ambon.

Langkah yang dilakukan tidak hanya untuk menjamin kualitas air di Kota Masohi dan Kabupaten Malteng secara umum namun juga diarahkan untuk mengurangi beban pengusaha air minum isi ulang serta Perusda Tirta Nusa Ina itu.

Penjabat Bupati Malteng Rakib Sahubawa dalam acara itu mengapresiasi terselenggaranya kerja sama yang dibangun Pemkab Malteng melalui Dinas Kesehatan Malteng itu, sebab melaluinya akan terbangun kemandirian pemeriksaan mutu air.

“Tentu kerja sama ini sangat strategis, dengan begitu kamandirian kita kan terus dibangun dalam menguji kualitas air tanpa serta bisa kurangi beban teman-teman yang ada di PDAM maupun pengusaha air minum isi ulang yang ada di Masohi dan sekitarnya,” tandas Sahubawa.

Sejalan sengan itu penjabat bupati menjelaskan, dengan terbangunnya laboratorium pengujian air di Malteng, ada gilirannya nanti dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan daerah dari hasil pengujian nanti.

Baca Juga: Watubun Sesalkan Ketidakhadiran Murad-Orno

“Selain itu juga dengan dilakukannya pengujian lab atas layanan kualitas air, tentu akan berdampak positif pada peningkatan sumber pendapatan asli daerah,” tandas Sahubawa.

Sahubawa meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Malteng untuk menindaklanjuti kerja sama itu dengan sebaik mungkin dan dapat diselesaikan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“ Saya minta Dinas Kesehatan menindaklanjuti kerja sama ini dengan baik dan pastikan bahwa pengembangan SDM dan penambahan peralatan laboratorium bisa tuntas di tahun depan,” harap Sahubawa.(S-17)