MASOHI, Siwalimanews – Polres Maluku Tengah terus berupaya menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukumnya tetap kondusif.

Upaya itu diperkuat dengan memaksimalkan kegiatan rutin yang ditingkatkan dan dilanjutkan dengan  kegiatan patroli blue light guna mengantisipasi gangguan kamtibmas. Tak tanggung tanggung kegiatan rutin yang ditingkatkan dan patroli dilakukan rutin tiap hari dengan manyasar setidaknya 15 titik di wilayah Kota Masohi dan sekitarnya.

Kabag Ops Polres Malteng Kompol Yamin Selayar menjelaskan, upaya pencegahan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polres Malteng telah dilaksanakan selama ini. Itu merupakan bentuk dari upaya pencegahan gangguan kamtibmas.

“Upaya menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban itu menjadi mutlak, tidak hanya sebagai bentuk untuk memastikan kelancaran aktivitas masyarakat, namun juga untuk memastikan kelancaran tahapan dan proses demokrasi yang saat ini sudah di tahapan dan jadwal pelaksanaannya,” ujar Kompol Yamin kepada wartawan di Masohi, Selasa (23/7).

Langkah itu kata Kompol Yamin, dikenal dengan nama coling system yang mengedepankan fungsi Binmas dengan edukasi oleh Bhabinkamtibmas serta fungsi intelijen dengan deteksinya. Semua kegiatan ini dilakukan berdasarkan Sprin dari Kapolres Maluku Tengah Nomor: Sprin/684/VI/PAM.5.1./ 2024, tertanggal 28 Juni 2024.

Baca Juga: Jelang Pilkada, Sekot Ingatkan ASN Jaga Netralitas

“Optimalisasi ini secara rutin berjalan setiap saat, nantinya kegiatan kepolisian rutin yang ditingkatkan saat ini dilakukan sesuai dengan petunjuk pimpinan. Karenanya, antisipasi gangguan kantibmas di wilayah hukum kita akan terus dilakukan, juga bilamana ada laporan dari masyarakat langsung di Respon,” jelas Kompol Yamin.

Lebih lanjut Mantan Kapolsek Banda itu menambahkan, semua kegiatan rutin ini diperkuat puluhan personel yang di pimpin oleh perwira pengawas dengan jadwal mulai siang hingga dini hari, selanjutnya, patroli dilanjutkan oleh Personil Sat Samapta dengan tim patroli Pamahanunusa,hingga pagi hari.

“Patroli ini berjalan terus hingga subuh, karenanya bagi masyarakat yang menemukan adanya perbuatan melawan hukum tidak perlu ragu-ragu untuk melaporkan kepada personel berpatroli setiap saat, kalau ada yang menuding dengan narasi berbeda, saya kira itu tidak benar,’ tandas Kompol Yamin.(S-17)