AMBON, Siwalimanews – Tim Itjen TNI melakukan audit ketaatan dan kinerja Kodam XV/Pattimura periode III Tahun 2024.

Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, dalam amanat tertulis yang diba­cakan oleh Irdam berharap, kehadiran tim dapat mem­berikan manfaat yang positif, dalam rangka peningkatan kualitas kinerja dan keber­hasilan pelaksanaan program kerja dan anggaran di Satuan jajaran TNI di wilayah Ma­luku.

Pangdam menegaskan kepada satuan yang menjadi obyek pemeriksaan tim audit, agar memberikan bahan, data maupun informasi dan laporan yang valid dan akun-tabel serta mendukung tugas tim audit dengan baik di satuannya masing-masing.

Pangdam menegaskan, jika tim menemukan temuan maka segera ditindaklanjuti dan diperbaiki sesuai dengan arahan tim.

“Apabila ada temuan dari Tim Audit Itjen TNI, segera ditindak­lanjuti dan diperbaiki sesuai koreksi dan arahan dari tim, agar tidak menjadi temuan yang berulang”, tegas Pangdam.

Baca Juga: Noach: Bergotong Royong Satukan Hati Bangun MBD

Sementara itu ditempat yang sama Brigjen TNI Achmad Daeng Leo, selaku Pengendali Teknis dalam membacakan amanat Irjen TNI Laksmana Madya TNI Dadi Har­tanto,  mengatakan, Itjen TNI selaku aparat pengawas Intern Pemerintah (APIP) mempunyai tugas pokok terhadap daya guna, hasil guna dan tepat guna, tertib hukum, dan tertib tindak di bidang pembinaan kesiap­siagaan, penggunaan dan pem­bangunan kekuatan serta per­bendaharaan di lingkungan TNI.

“Semoga pelaksanaan audit ketaatan dan kinerja dari Itjen TNI Periode III Tahun 2024, sesuai dengan standar audit serta mem­peroleh nilai tambah/value added yang kita harapkan, guna mewujud­kan tujuan organisasi”, pungkas Irjen TNI.

Adapun sasaran audit lanjut dijelaskan, penilaian terhadap per­aturan dan tingkat 3 E (Efektivitas, Efisien dan Ekonomis) dalam pelaksanaan kegiatan dibidang operasi, latihan, umum, logistik dan perbendaharaan.

Pada Tahun 2024 ini juga, tambahnya, tim Badan Pemeriksa Keuangan RI akan melaksanakan pemeriksaan Interim/pendahuluan atas laporan keuangan Kemhan/TNI di tahun yang berjalan. Untuk itu, Irjen TNI berpesan agar, meman­faatkan kehadiran APIP Itjen TNI ini sebagai sarana konsultasi guna meminimalisir resiko permasalahan yang berpotensi akan menjadi temuan BPK RI

Untuk diketahui, kedatangan tim audit di Makodam XV/Pattimura dipimpin oleh Dalnis Brigjen TNI Achmad Daeng Leo selaku Irlat Itjen TNI, didampingi Ketua Tim Kolonel Inf Yudha Sandi Purwana selaku Irut Intel Itops Itjen TNI disambut oleh Irdam XV/Pattimura, Brigjen TNI Muhammad Ali, Kapoksahli Pangdam XV/Pattimura Brigjen TNI Syaeful Mukti Ginanjar, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Antoninho Rangel da Silva, Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Opsla dan Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang di Ruang Yudha III Makodam XV/Pattimura, Ambon, Senin (22/7). (S-10)