JAKARTA, Siwalimanews – Irjen Lotharia Latif resmi mengemban tugas sebagai Kapolda Maluku menggantikan Irjen Refdi Andri yang dimutasikan sebagai Patih Sahli Kapolri dalam rangka pensiun.

Irjen Refdi Andri menjabat sebagai Kapolda Maluku selama satu tahun lebih dan akan pensiun pada awal bulan Januari tahun 2022.

Pelantikan Irjen Lotharia Latif  menjadi Kapolda Maluku oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersamaan dengan enam  kapolda baru, dalam upacara serah terima jabatan, yang berlangsung di Gedung Rupatama Mabes Polri, Rabu (29/12).

Pelantikan para kapolda baru ini, berdasarkan surat telegram Nomor ST/2568/XII/KEP./2021, tertanggal 17 Desember 2021, yang ditandatangani oleh AS SDM Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri.

“Pada pagi hari ini Bapak Kapolri memimpin serah terima jabatan beberapa pejabat utama Mabes Polri, dan beberapa Kapolda,” tandas Karopenmas Polri Irjen Rusdi Hartono, dalam keteranganya kepada wartawan, usai pelantikan tersebut.

Baca Juga: BMKG: Gempa 7,4 SR di MBD tak Berpotensi Tsunami

Para pejabat yang dilantik diantaranya, Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda NTT kini akan dijabat oleh Irjen Setyo Budiyanto, Kapolda NTB Muhammad Iqbal kini jabat Kapolda Riau, posisinya akan digantikan oleh Irjen Djoko Purwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

Sementara mantan Kapolda Riau Irjen Agung Setya dimutasikan sebagai Asops di Mabes Polri menggantikan Irjen Imam Sugianto. Sedangkan Irjen Imam, dipromisikan sebagai Kapolda Kaltim.

Selain itu, Irjen Agung Wicaksono dilantik sebagai Kapolda Bengkulu menggantikan Irjen Guntur Setyanto yang dimutasi sebagai Pati Bareskrim Polri dalam rangka pensiun. Selanjutnya, Kapolda Kalbar Irjen Remigius Sigit Trihardjanto dipromosikan sebagai Kepala Divisi Hukum Polri, sementara jabatan Kapolda Kalbar akan diisi oleh Irjen Suryanbodo Asmoro. (S-21)