NAMLEA, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Buru melalui Insepktorat menggandeng Kantor Perwakilan  BPKP Propinsi Maluku untuk menyelenggarakan workshop sosialisasi dan pembinaan penilaian maturitas penyelenggaraan (SPIP) yang berlangsung sehari, di Aula Kantor Bupati Buru, Kamis (2/9).

Kepala Inspektorat Kabupaten Buru, Sugeng Widodo, dalam laporannya mengatakan, dasar diselenggarakannya workshop kali ini adalah dalam rangka menghasilkan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) yang memadai pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Buru serta dalam rangka penilaian Maturitas SPIP menuju level 3 penuh.

“Diperlukan adanya kerja sama berupa workshop dengan Badan Pengawasan keuangan dan Pem­ba­ngunan Provinsi Maluku dalam inplementasi pelaksanaan SPIP dan penyusunan rencana tindak pe­ngendalian,” terang Sugeng.

Dijelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas penyusunan dokumen penilaian resiko dan rencana tindak pengendalian pada seluruh OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Buru.

“Sehingga bisa diketahui apakah penyelenggaraan SPIP kita sudah efektif atau belum, serta menge­tahui area of improvement yang harus dibenahi,” ujar Sugeng.

Baca Juga: Pemkab Buru Gratiskan Sweb Antigen bagi Pelajar & Mahasiswa

Untuk itu,  Sugeng mengha­rapkan, melalui kegiatan itu se­luruh OPD akan mampu mencip­takan lingkungan pengendalian yang kondusif, tercipta budaya kerja dan integritas.

Selain itu juga OPD mampu melakukan penilaian risiko dan memitigasinya, juga mampu me­nerapkan kegiatan pengendalian yang efektif, komunikasi dan in­formasi, pemantauan pengenda­lian intern.

Kegiatan tersebut  dibuka oleh Sekretaris Daerah, Muh Ilyas Bin Hamid SH MH dan dihadiri Perwakilan BPKP Propinsi Maluku dan peserta yang mengikuti workshop SPIP sebanyak 32 orang dari OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Buru. (S-31)