AMBON, Siwalimanews – Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena berjanji akan memenuhi aspirasi masyarakat Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan.

Janji tersebut disampaikan walikota dalam melaksanakan program Walikota Jumpa Rakyat atau WAJAR yang berlangsung di Kantor Negeri Rutong, Jumat (1/12).

Dalam kegitan itu, walikota dihujani dengan berbagai aspirasi. Misalnya masyarakat meminta agar armada angkut sampah, juga bisa beroperasi hingga di Negeri Rutong.

Selain itu, masyarakat juga mengeluhkan lampu jalan di negeri atau sepanjang jalan memasuki negeri itu sudah tidak berfungsi.

Aspirasi lainnya terkait anggaran dana desa tahun 2023 yang belum cair 100 persen. Tidak hanya ADD 2023, sebab ADD tahun 2021 dan 2022 juga belum sepenuhnya cair 100.

Baca Juga: Banggar Minta Anggaran TGPP Dihapus

Ada juga masyarakat yang berharap agar pemkot segera membuka kembali jalan tani karena sudah tertutup rumput dan juga rusak parah.

Kemudian masyarakat meminta kepada pemkot memfasilitasi pengembangan olahraga di Negeri Rutong.

Menyikapi berbagai aspirasi dan keluhan dari masyarakat, walikota menanggapinya satu persatu.

Mengenai mobil armada sampah, walikota berjanji akan mengarahkan dinas terkait untuk mengatasi persoalan sampah di Rutong.

“Untuk lampu jalan, nantinya akan diperbaiki dalam waktu dekat, sebab lampu jalan memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” janji walikota.

Walikota juga berjanji akan memberikan bantuan berupa pancing tonda bagi dua kelompok nelayan di Negeri itu. Tak sampai disitu, walikota juga mengaku, pemkot akan memberikan bantuan usaha kepada masyarakat di Rutong sebesar Rp2 juta dengan syarat harus memiliki Nomor Ijin Berusaha (NIB)

Sedangkan terkait masalah ADD tahun 2023 yang belum cair, pemkot nantinya akan berupaya untuk mencairkan anggaran tersebut.

“Sedangkan untuk ADD tahun 2021 dan tahun 2022 itu sudah tidak bisa lagi, karena sudah lewat, sebab tiap program anggaran,  dialokasikan hanya untuk satu tahun anggaran saja, jadi sudah tidak bisa lagi,” jelas walikota.

Kendati demikian, walikota berharap, di tahun 2024 mendatang tidak terjadi lagi masalah-masalah seperti itu.

Kemudian mengenai permintaan fasilitas untuk olahraga bagi masyarakat dalam mengembangkan potensi para atlet, walikota berjanji akan berkordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga serta KONI untuk mengkaji hal tersebut secara bersama.

“Saya pastikan, pemkot akan kembali membuka jalan tani. Tetapi akan dikerjakan tahun 2024 mendatang,” ucap walikota.

Usai menggelar Program WAJAR, Walikota kemudian membagi puluhan paket sembako kepada para lansia di negeri itu.(Mg-03)