AMBON, Siwalimanews – HUT Kota Ambon ke-445 tahun, dirayakan secara sederahana di tengah-tengah situasi pandemi Covid-19.

HUT Kota Ambon dirayakan di Lapangan Tahapary Polda Maluku, Senin (7/9). Bertindak selaku inspektur upacara Walikota Ambon Richard Louhenapessy.

Walikota dalam sambutannya mengaku, perayaan HUT Kota tahun ini dirayakan sangat sederhana dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Seng ada Amboina karnaval music, seng ada baris indah dan baris empang, seng ada makan patita di kantor dan negeri atau desa maupun kelurahan, seng ada goyang tobelo dan kaka enda,” ucap walikota dnegan dialeg Ambon.

Padahal kata Walikota, tahun ini sesuai rencana, perayaan HUT kota akan dirayakan dengan meriah sekaligus untuk menyambut Visit Ambon 2020,  namun dengan adanya virus corona sehingga menjadi halangan terlaksanannya kegiatan dimaksud.

Baca Juga: Laut Banda Diguncang Gempa 5,3 SR  

Tema yang diambil dalam perayaan HUT Kota ke-445 yakni Ambon Sehat. Tema ini, katanya, bukan hanya sekedar tema, tetapi merupakan doa yang disampaikan melalui perkataan iman, bahwa pemerintah dan seluruh rakyat kota percaya Tuhan akan menjaga Ambon dan lindungi Ambon.

“Waktu pemerintah dan rakyat percaya Ambon sehat, maka Tuhan akan kasih tunjuk kuasanya” ujar walikota. (Mg-5)