AMBON, Siwalimanews – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Hendrik Lewerissa mengungkapkan, kepala daerah kedepan harus mampu membuka lapangan pekerjaan di Maluku.

Hal ini diungkapkan HL sapaan akrab Lewerissa saat menyampaikan orasi ilmiah kepada mahasiswa IAIN Ambon dengan tema Strategi Kebijakan Pemerintah Dalam Penyerapan tenaga kerja” Rabu (31/7)

HL mengungkapkan, tingginya angka pengangguran dari lulusan perguruan tinggi berdasarkan data BPS masih menjadi persoalan di Maluku.

Pemda dengan tanggung jawab konstitusional, yakni memajukan kesejahteraan umum harus memikirkan soal lapangan pekerjaan bagi lulusan perguruan tinggi di Maluku.

“Pemda punya tanggung jawab untuk menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga bisa menyerap tenaga kerja dari lulusan perguruan tinggi. Salah satu cara untuk menyerap tenaga kerja adalah dengan mendorong terciptanya lapangan pekerjaan yang hanya tercipta melalui investasi,” ujar HL.

Baca Juga: Tiga Calkada di Maluku Peroleh Rekomendasi Perindo

Investor akan masuk ke Maluku untuk berinvestasi kata HL, jika pemda mampu menciptakan iklim investasi yang kondusif seperti regulasi yang mempercepat perijinan lewat kebijakan online single submission atau pengurus NIB yang lebih cepat, maka investor akan masuk untuk berusaha di Maluku yang kaya akan sumber daya alam.

Selain itu, kondisi infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, listrik dan akses  internet harus juga menjadi perhatian serius pemda.

“Kalau kondisi ini tersedia di Maluku, maka dipastikan kondisi ini akan merangsang investor untuk berinvestasi di Maluku,” jelas HL.

HL menegaskan, pemda harus memiliki visi yang jelas untuk menciptakan lapangan kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Maluku.

Sebagai salah satu bakal calon gubernur, HL memastikan persoalan pengangguran akan masuk dalam visi dan misinya, sebab kepala daerah mampu mengidentifikasi masalah dengan merencanakan program solutif.(S-20)