AMBON, Siwalimanews – Anggota Hendik Lewerissa men­dukung penuh upaya penambahan kursi anggota legislatif daerah pemilihan Maluku dalam pemilihan umum 14 Februari 2024.

Dukungan ini diungkapkan HL sapaan akrab Lewerissa saat me­ngikuti kegiatan ramah dengan pimpinan dan anggota DPRD Pro­vinsi Maluku yang dihadiri seluruh anggota DPR dan DPD di Jakarta, Senin (30/1) malam.

Dalam rilis yang diterima Siwalima, Selasa (31/1, Lewerissa menjelaskan sangat tidak mudah untuk memperjuangkan kepentingan Maluku di pusat jika hanya mengandalkan empat wakil asal Maluku di sebelas komisi dengan sekian banyak alat kelengkapan dewan bila dibandingkan dengan daerah lain.

“Jadi upaya untuk memperjuangkan penambahan kursi DPR merupakan langkah politik dari teman-teman DPRD Provinsi Maluku, kami anggap sebagai hal positif dan patut mendapatkan dukungan penuh,” kata Lewerissa.

Alasan yang diajukan DPRD Provinsi Maluku, kata Lewerissa juga sangat rasional dan dapat diterima sebab penduduk Provinsi Maluku ikut bertambah jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu yang mencapai 1.8 juta penduduk.

Baca Juga: Bobol Rumah Warga, Pemuda Ini Dibekuk Polisi

“Tinggal diperjuangkan ke lembaga yang memiliki kewenangan untuk menetapkan jumlah kursi dan dapil yaitu KPU RI, tetapi perjuangan ini harus disambut secara positif,” tegasnya.

Lanjutnya, meskipun perwakilan Maluku di DPR dan DPD hanya delapan orang, tetapi semuanya sangat kompak sebab tanpa kekompakan tidak mungkin dapat memperjuangkan kepentingan Maluku di hadapan pemerintah pusat.

“Kami berdelapan tetapi kami sangat kompak dalam memperjuangkan kepentingan Maluku. Kenapa sangat kompak karena kita tahu diri benar bahwa kita sangat sedikit dan kalau tidak kompak maka tidak bisa memperjuangkan kepentingan Maluku,” cetusnya. (S-20)