JAKARTA, Siwalimanews – Kehilangan fungsi indra penciuman (anosmia) menjadi satu di antara gejala umum terinfeksi Covid-19. Dalam kata lain, hidung Anda tidak bisa membaui.

Adanya anosmia tidak jarang membuat pengidap Covid-19 menjadi tidak nyaman, stres, dan memengaruhi daya tahan tubuh. Dikutip dari laman Alodokter, gejala Covid-19 ini biasanya muncul pada awal terjadinya infeksi.

Kemudian akan berangsur menghilang dalam waktu kurang lebih 28 hari. Anosmia dapat terjadi pada pengidap Covid-19 di segala usia.

Jika tiba-tiba Anda tidak bisa membaui alias kehilangan fungsi indra penciuman, jangan panik atau stres. Sejumlah penelitian mengemukakan, ada beberapa minuman herbal yang bisa membantu Anda mengembalikan indra penciuman setelah terpapar Covid-19.

Minuman herbal ini dipercaya mampu mengembalikan indra penciuman dalam hitungan hari. Bahkan, bahan-bahan yang digunakan cukup mudah didapat karena dibuat dengan rempah-rempah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Periksa Spesimen Covid, RSUD Tulehu Kehabisan Cartridge

Berikut ini daftar minuman herbal yang ampuh mengembalikan indra penciuman pagi pengidap Covid-19, dikutip dari laman Alodokter dan Briliofood, Selasa (20/7).

1. Rebusan daun peppermint

Daun peppermint bisa digunakan untuk mengembalikan indra penciuman kita. Supaya cepat pulih, Anda bisa menghirup aroma rebusan daun peppermint.

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi daun peppermint menjadi teh. Minumlah secara rutin dua sampai tiga kali sehari. Kandungan utama daun peppermint adalah mentol. Kandungan ini anti-inflamasi dan anti-mikroba yang mampu mengembalikan indra penciuman Anda.

2. Teh bawang putih

Selain untuk bumbu masak, membuat bawang putih yang diolah menjadi campuran teh dipercaya mampu mengembalikan indra penciuman Anda. Bawang putih memiliki sifat anti-mikroba yang bisa membantu melegakan saluran hidung dan mengembalikan indra penciuman.

Anda bisa meminum teh bawang putih sambil menghirup aromanya secara rutin. Tak hanya membantu mengembalikan indra penciuman, mengonsumsi minuman herbal ini juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh lebih cepat.

3. Wedang jahe

Rimpang ini sudah lama dikenal mampu mengatasi berbagai penyakit. Bagi Anda yang terinfeksi Covid-19 dan mengalami gejala kehilangan fungsi indra penciuman, Anda bisa mengonsumsi wedang jahe. Aroma jahe yang kuat dan dapat meningkatkan indra penciuman Anda. Lakukan ini setiap hari.

4. Air rebusan lemon hangat

Minuman herbal selanjutnya yang bisa Anda coba untuk mengembalikan indra penciuman, yakni mengonsumsi air rebusan lemon hangat. Rasa asam lemon dapat membantu mengaktifkan reseptor penciuman dan pengecapan.

Lemon tak hanya bisa digunakan untuk mengembalikan indra penciuman yang hilang, tetapi baik untuk menjaga daya tahan tubuh karena mengandung vitamin C yang tinggi.

5. Teh chamomile

Teh chamomile sudah terkenal menjadi pengobatan tradisional. Anda bisa memanfaatkan teh herbal, seperti chamomile, untuk mengembalikan indra penciuman selama terpapar Covid-19. Selain itu, teh ini bisa meredakan gejala demam hingga peradangan dan infeksi. (S-51)