NAMLEA, Siwalimanews –  Anggota DPRD Maluku Aziz Hentihu menyalurkan bantuan kepada para petani di Dataran Waeapo, Kabupaten Buru, Kamis (30/12).

Bantuan yang diserahkan langsung oleh Hentihu ini berupa peralatan mesin pertanian berupa dua handtraktor dan enam rotari dan 19 ton pupuk NPK Plus.

Bantuan itu diterima oleh sembilan kelompok tani di Dataran Waeapo, yang terdiri dari, empat kelompok di Kecamatan Waeapo, satu kelompok di Kecamatan Lolong Guba, dan tiga kelompok di Kecamatan Waelata.

Sedangkan untuk pupuk diberikan kepada empat kelompok di  Kecamatan Waeapo, satu kelompok di  Kecamatan Lolong Guba, tiga kelompok di  Kecamatan Waelata, dan satu kelompok di Kecamatan Fenaleisella.

Selain membantu petani dengan peralatan dan pupuk, di sela kegiatan muscab gabungan DPC PPP Buru dan Bursel, Hentihu juga berkesempatan memberikan bantuan kepada para pedagang kecil yang membuka lapak di pinggir jalan, masing-masing sebesar Rp2 juta/orang.

Baca Juga: Munaswir Jabat Ketua Pengprov Lemkari Maluku

Para pedagang yang menerima bantuan itu berjumlah 100 orang. Untuk bantuan itu, anggota DPRD Maluku dari dapil Buru-Bursel ini, menghabiskan Rp 200 juta.

Saat dikonfirmasi wartawan perihal bantuan kepada 100 pedagang kecil tersebut Hentihu mengaku, nilai bantuan yang diberikannya masih tergolong kecil, karena hanya sebesar Rp2 juta/orang.

“Dimasa pandemi Covid 19 ini, para pedagang juga ikut terdampak, uluran tangan sekecil apapun sangat dibutuhkan untuk menambah modal usaha mereka,” ucap Hentihu.

Menyinggung soal bantuan peralatan mesin dan pupuk kepada petani, Hentihu menegaskan, pemberian bantuan itu  merupakan bentuk keseriusan dirinya dan juga PPP, untuk menjawab kebutuhan petani dalan upaya meningkatkan kesejahteraan mereka.

Hentihu yang juga Ketua DPW PPP Maluku mengaku sadar betul, bahwa mayoritas rakyat Kabupaten Buru dan lebih khusus lagi masyarakat di dataran Waeapo bekerja di sektor pertanian.

Maka pemberian bantuan ini merupakan bentuk nyata dari pemberdayaan petani, serta untuk menjadikan sektor pertanian di Kabupaten Buru sebagai tulang punggung penyanggah kebutuhan pangan Maluku.

Ditempat terpisah, Jaka Permana perwakilan kelompok tani yang menerima bantuan menyampaikan terimakasih kepada Hentihu dan berharap, bantuan seperti ini dapat terus berlanjut dan menjangkau seluruh petani di Kabupaten Buru.

“Saya Jaka Permana mewakili rekan-rekan kelompok tani berterima kasih kepada Bang Aziz Hentihu, karena bantuan ini cukup membantu kami. Harapannya tidak hanya sampai disini, tapi kedepan ada lagi bantuan-bantuan seperti ini yang dapat membantu kita para petani,” harapnya.(S-31)