AMBON, Siwalimanews – Lagi-lagi, kondisi cuaca buruk mengakibatkan terjadinya sejumlah kecelakaan laut. Kejadian kali ini, menimpa speed Rikma dari Dusun Katapang, Desa Lokki Kecamatan Huamual, menuju ke Desa Hitu, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah yang mengalami mati mesin di perairan Leihitu, Selasa (28/12).

Kapolsek Lehitu , Iptu Julkisno Kaisupy yang mendapat informasi langsung begerak cepat dengan mengerahkan personelnya serta meminta bantuan Danramil Leihitu, Satgas BKO Yon Arhanud 11 WBY serta pemilik speed Teluk Huamual Star untuk melakukan pertolongan dan mengevakuasi 31 penumpang dalam speed naas tersebut.

“Saya dapat informasi dari dalah satu penumpang speed yang minta bantuan pertolongan, karena speed boat yang mereka tumpangi sementara terombang ambang karena mati mesin ditengah laut dengan kondisi laut berombak besar, dan angin kencang,” ungkap Kapolsek, saat dikonfirmasi Siwalimanews melalui telepon selulernya, Selasa (28/12).

Usai mendapat informasi dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak, mantan Kapolsek Teluk Ambon ini bersama personelnya dibantu personel Koramil Leihitu, dan personel Satgas BKO Yon Arhanud 11 serta beberapa warga Hitu menggunakan speed Teluk Huamual Star menuju ke tengah laut  untuk memberikan pertolongan.

Alhasil, seluruh penumpang speed yang terdiri dari 5 ABK dan 26 penumpang yakni 19 orang dewasa dan 7 anak-anak berhasil dievakuasi.

Baca Juga: Masyarakat Waelesi Dapat Kado Natal dari Wakil Ketua DPRD Buru  

“Dari keterangan ABK,  speed menggunakan 3 Mesin 40 PK, namun 2 mesin alami ganguan, sehingga speed bergerak hanya menggunakan 1 mesin, tapi alhamdulilah seluruh penumpang sudah berhasil dievakuasi dengan selamat berkat bantuan rekan-rekan TNI dan masyarakat setempat, termasuk pemilik speed yang kita gunakan untuk evakuasi para penumpang,” ungkap Kapolsek. (S-45)