AMBON, Siwalimanews – Dihari pertama pelaksanaan wisuda, Kamis (14/10), Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM), menelorkan 211 wisudawan.

Wisuda yang digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) itu berlangsung di Aula Kampus UKIM Talake, Ambon.

Untuk pelaksanaan hari pertama, sebanyak 211 wisudawan/wisudawati diberi gelar resmi oleh Rektor Jafet Damamain, yang didampingi oleh Wakil Rektor I. Melkhianus Pentury, Wakil Rektor II.  Salomi J Hehanussa, Wakil Rektor III  Gerzon G Radjoelan, dan Wakil Rektor IV Junus Kwelju.

Turut hadir Sekretaris Umum Sinode Maluku dan Maluku Utara, Pendeta Izack Sapulette dan Kepala Lembaga Layanan Dikti (LL Dikti) Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara, Moh. Bugis.

Bugis dalam sambutannya mengatakan, melalui proses wisuda yang digelar UKIM, pihaknya berterima kasih atas kerja keras yang dilakukan sehingga wisudawan/wisudawati dapat menyelesaikan study.

Dirinya mengatakan, pendidikan tinggi merupakan aset terpenting dalam pembangunan masa depan bangsa. Baginya, pendidikan tinggi tentu harus sehat dan dikelola secara serius dengan konsep transparansi.

“Saya menghimbau kepada semua perguruan tinggi swasta  termasuk UKIM harus membuka diri untuk mau maju,” tandasnya.

Kata dia, UKIM harus memberi­kan penekanan dan perhatian pada tiga hal penting penunjang yakni; penguatan struktur penge­lolaan kualitas manajemen kelem­bagaan PTS, penguatan sumber daya manusia (kualitas dosen dan mahasiswa), serta penguatan sarana dan prasarana PTS se­bagai pendukung tridharma perguruan tinggi yang mapan.

Untuk diketahui, program studi yang diwisudakan hari pertama ada­lah program Pasca Sarjana Theologi dengan jumlah 18 wisu­dawan/wisudawati, program sarjana Fakul­tas Kesehatan, Progdi S1 Ilmu Ke­perawatan 119 orang dan Kese­hatan Masyarakat 74 orang. (S-52)