AMBON, Siwalimanews – PLN kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober sampai dengan 7 November mendatang.

Virtual Charity Run and Ride sendiri merupakan ajang lari dan bersepeda yang bisa dilakukan dimana saja kapan saja dan dapat “dicicil” jarak lari dan bersepedanya untuk tujuan beramal.

Dengan mengangkat tema “Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku”, kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Listrik Nasional ke-76. Peserta akan diajak untuk menerapkan gaya hidup sehat melalui olahraga lari dan sepeda. Setiap kilometer yang ditempuh oleh pelari dan pesepeda nantinya akan dikonversikan dalam bentuk rupiah digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat tidak mampu.

Demikian diungkapkan, Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN, Syofvi Felienty Roekman sebagaimana rilis yang disampaikan Hairul Hatala

Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIW Maluku Maluku Utara kepada Siwalima Kamis (14/10).

Baca Juga: Turun ke Kecamatan, Bupati Salur Bantuan Puluhan Juta

PLN terus berupaya melistriki hingga ke seluruh pelosok negeri. Sebagai informasi, tanggung jawab PLN dalam menghadirkan listrik ada­-lah hingga membangun jaringan-jaringan listrik ke sekitar rumah pelanggan. Sementara untuk instalasi dalam rumah dan biaya penyambungan listrik menjadi tanggung jawab pelanggan.

“Masyarakat yang tidak mampu inilah yang akan kita bantu. Sete­-lah sukses pada tahun lalu, PLN tahun ini kembali menggagas acara ini, mengajak masyarakat ikut serta, berbagi energi untuk menerangi nusantara. Tidak dengan uang, masyarakat cukup berolahraga melalui lari atau bersepeda,” ujar Syofvi.

Periode pendaftaran PLN Mobile VCRR 2021 akan dibuka mulai tanggal 14-22 Oktober melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui playstore/Appstore.

Selanjutnya untuk mendapatkan kode voucher pendaftaran, para peserta dapat mengunjungi menu promosi dan informasi aplikasi PLN Mobile, kemudian masuk ke website plnmobilevcrr.pln.co.id untuk login. Bagi para peserta yang belum memiliki akun dapat membuat akun terlebih dahulu dan melakukan verifikasi data. Setelah itu peserta diarahkan menuju form registrasi dengan informasi data diri yang sudah terisi untuk dilengkapi dengan data yang diinginkan, lalu submit.

Setelah itu, peserta dapat melakukan pembayaran di menu payout dengan terlebih dahulu mengecek kembali data diri yang telah terisi dan mengaktivasi kode voucher yang sudah didapat dari PLN mobile sebelumnya. Bagi peserta yang memilih menu ‘add on’ jersey diharapkan membayar sesuai dengan nominal yang tertera dengan metode pembayaran yang dipilih, maksimal 6 jam.

Setelah berhasil tahap registrasi akun, peserta mulai menjalani challenge dan submit hasil challenge secara manual dengan cara unduh dan buat akun pada aplikasi tracker yang paling disukai peserta secara gratis di Playstore/Appstore. Lalu, para peserta dapat mulai berlari atau bersepeda dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Setelah selesai, peserta dapat mengunjungi website plnmobilevcrr.pln.co.id lalu klik submit pada beranda website event yang secara otomatis akan terlihat jika sudah memasuki periode challenge. Peserta kemudian dapat melakukan login menggunakan alamat email dan password yang sudah terdaftar sebelumnya, lalu pilih menu virtual, kemudian pilih ‘Event PLN MOBILE VIRTUAL CHARITY RUN & RIDE 2021’.

Setelah itu, peserta dapat melakukan submit dengan menginput hasil aktivitas peserta (jarak & waktu) berupa tampilan screenshot dari apps perekam jarak yang wajib menunjukkan waktu beraktifitas dan nama/profile akun pada apps.

Setelah berhasil submit, hasil berlari atau bersepeda para peserta akan otomatis terakumulasi pada leaderboard yang ada pada website plnmobilevcrr.pln.co.id. Peserta dapat melakukan submit 3x dalam 1 hari selama periode challenge mulai tanggal 16 Oktober sampai 7 November.

Selain itu, perlu juga diperhatikan oleh peserta yaitu, peserta dilarang mengganti aplikasi tracker selama periode challenge ataupun melakukan tag aktivitas dengan akun lain.

Peserta akan mendapatkan benefit berupa E-BIB, E-Certificate yang akan dikirimkan mulai tanggal 08-26 Oktober 2021, serta ikut turut andil berpartisipasi untuk membantu saudara kita dengan berdonasi kepada daerah-daerah yang belum mendapatkan listrik di Indonesia.

Setiap kilometer lari akan dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp 40.000 ,- dan sepeda sebesar Rp 36.000,-. Uang tersebut akan digunakan untuk biaya penyambungan rumah masyarakat tidak mampu tersebar di seluruh Indonesia dengan daya 450 VA. Pemilihan penerima bantuan dilakukan langsung oleh PLN dengan memastikan penerima bantuan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia. Sebagai informasi, biaya penyambungan listrik satu rumah termasuk dengan instalasi listrik dalam rumah dan sertifikat laik operasi sekitar Rp 800 ribu sampai Rp 1 juta.

Pada tahun sebelumnya, melalui gelaran PLN VCRR 2020, PLN bersama masyarakat berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 6,1 miliar yang digunakan untuk melakukan penyambungan lebih dari 8 ribu keluarga pra sejahtera. (S-19)