AMBON, Siwalimanews – Hari pertama pendaftaran calon Penjabat Gubernur Maluku yang dibuka DPRD sepih dari peminat.

Ketua Panja Penjaringan Calon Penjabat Gubernur DPRD Maluku Jantje Wenno kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (20/11) mengaku, sejak pendaftaran dibuka hingga sore ini belum ada satu pun calon yang mendaftar.

“Sampai sore ini belum ada yang datang mendaftarkan diri untuk ikut seleksi calon penjabat gubernur,” ujar Wenno.

Namun kata Wenno, sejak pagi telah ada tim calon tertentu yang datang untuk mengkonfirmasi terkait persyaratan yang harus dipenuhi saat mendaftar sebagai calon penjabat gubernur. Walau demikian, ia enggan mengungkap identitas calon yang datang meminta persyaratan di ruang Sekretariat Panja Penjaringan Calon Penjabat Gubernur.

Kendati dihari pertama sepi pendaftar namun, Wenno optimis hingga hari ketiga pendaftaran akan ada pejabat eselon I yang mendaftarkan diri untuk selanjutnya dibahas dan diusulkan DPRD ke Mendagri.

Baca Juga: Dishub Mulai Kerjakan Jalan di Terminal

Ditanya soal proses gugatan Murad Ismail ke Mahkamah Konstitusi, Wenno memastikan, panja tetap berproses sesuai dengan surat Mendagri.

Menurut, gugatan yang diajukan merupakan persoalan pribadi Murad Ismail selaku Gubernur Maluku saat ini, tetapi pengusulan tiga nama calon penjabat gubernur merupakan amanat Permendagri Nomor 4 tahun 2023.

“Kita tetap jalan sesuaikan aturan,” ucap Wenno.(S-20)