AMBON, Siwalimanews – Provinsi Maluku kembali mencatat adanya penambahan 81 pasien positif Covid-19 baru, per hari ini, Jumat (9/10).

Dengan demikian, berdasarkan data Satgas Covid Maluku, jumlah kasus positif di Maluku telah mencapai 3.353 kasus. Sementara pasien dalam perawatan sebanyak 1.277 pasien, dengan angka pasien sembuh mencapai 2.034 orang dan 42 pasien meninggal dunia.

“81 kasus baru ini berasal dari 6 kabupaten dan kota yakni, Kota Ambon 25 kasus, 4 kasus dari Kabupaten Maluku Tengah, 3 kasus dari Kabupaten Seram Bagian Barat, 18 kasus dari Buru dan 9 kasus dari Malra serta 22 kasus dari Kota Tual,” rinci Ketua Harian Satgas Covid, Kasrul Selang.

Terjadinya penambahan kasus belakangan ini yang cukup signifikan dari hari ke hari dikarenakan adanya tes swab massal yang dilakukan di sejumlah perkantoran, baik di Kota Ambon, maupun di Buru serta beberapa daerah lain.

“Untuk hari ini juga terdapat 20 pasien yang terkonfirmasi sembuh sehingga angka kesembuhan naik menjadi 2.034. Namun hari ini juga terdapat 1 pasien meninggal sehingga jumlah pasien meninggal naik menjadi 42 orang,” ungkapnya.

Baca Juga: Maluku Kembali Tambah 94 Kasus Positif Baru

Untuk mereka yang dinyatakan sembuh hari ini, berasal dari Kota Ambon, 19 pasien dan 1 pasien asal Kabupaten Malra.

Sedangkan 1.277 pasien dalam perawatan saat ini terdapat di delapan kabupaten/kota di Maluku dengan rincian, Kota Ambon 1.094 pasien, Malteng 52 pasien, Buru 63 pasien, Malra 15 pasien, Kota Tual 36 pasien, SBB 10 pasien, Aru 5 pasien dan SBT 2 pasien.

“Kepada masyarakat kami himbau agar terus disiplin memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan orang, demi menjaga diri sendiri terhindar dari visrus ini sekaligus memutus mata rantai penyebarannya,” himbau dia. (S-39)