AMBON, Siwalimanews – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional, Doni Monardo bersama Menteri Ke­sehatan Terawan Agus Put­ranto dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effen­dy, hari ini Senin (6/7) membahas penanganan Covid-19 di Maluku.

Rapat akan dilakukan dengan para bupati dan walikota secara virtual di Lantai VII Kantor Gubernur Maluku pukul 08.00 WIT.

“Malam ini pak Doni, pak Terawan sama pak Effendy tiba dan Senin akan melakukan telekonferens se­cara virtual dengan bupati walikota se-Maluku dan Maluku Utara terkait penanganan covid,” kata Sekda Maluku, Karsul Selang kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Minggu (5/7).

Kedatangan mereka kata Kasrul, hanya untuk membahas penanga­nan Covid-19 di Maluku. “Yang di­ba­has itu soal penanganan covid, kita belum tahu detailnya seperti apa, tapi tugas pemda memper­siapkan rencana kunjungan dan lokasi mana yang akan dipakai untuk rakor nanti,” jelasnya.

Lanjutnya, rombongan Ketua Gustu Nasional, Menkes dan Menko PKM diperkirakan berjum­lah 40 orang.

Baca Juga: Personil KBR Laksanakan Patroli Pencegahan Covid-19

”Yang datang itu cukup banyak ada sekitar 40 orang, karena pak Doni dengan rombongan, pak Te­rawan dengan rombongan dan pak Effendy juga dengan rombongan,” kata Kasrul.

Kedatangan Menteri Koodinator PMK didampingi  Deputi Bidang Ko­or­dinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK Dody Husodo, Deputi Bidang Ko­ordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK Agus Suprapto, Staf Khusus Menko Bidang PMK yang menangani bidang komunikasi dan media Machendra Setyo Atmaja.

Sementara rombongan Menkes yakni Staf Khusus Bidang Tata Kelola Pemerintahan Chan Boon Yeow Daniel, Staf Khusus Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan Alexander Ginting.

Sedangkan rombongan Ketua Gustu Nasional, yakni Plt Deputi III Bidang Penanganan Darurat BNPB Dody Ruswandi, Deputi IV Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Rifai,  Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Prasinta Dewi, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.

Kemudian, Tenaga Ahli bidang Media BNPB, Egy Massadiah, Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum BNPB Andi Eviana,  dan Kepala Pusat Strategi Penanggu­langan Bencana Nasional dan Komunikasi Raditya Jati.

Jadwal Kunjungan

Menko PMK, Menteri Kesehatan, Ketua Gustu Nasional dan rom­bongan melandas di Bandara Internasional Pattimura Ambon dengan pesawat khusus TNI AU pada Minggu (5/7) pukul 24.00 WIT, dan dijemput oleh Gubernur Ma­luku Murad Ismail dan Forkopimda Maluku.

Selanjutnya rombongan menuju kediaman gubernur di Wailela untuk makan malam.  Pukul 01.20 WIT, rombo­ngan me­nuju Swiss Belhotel untuk ber­istirahat.

Kemudian, Menteri Kese­hatan dan rombongan akan melakukan kunjungan internal ke RSUP dr. Johanes Leimena Wailela pukul 06.00 WIT.

Setelah itu, rombongan menuju kantor gubernur pukul 07.30 WIT. Dan jam yang sama juga Menko PMK, Ketua Gustu dan rombo­ngan menuju kantor gubernur.

Menkes, Menko PMK dan Ketua Gus­tu Nasional akan melakukan ra­pat koordinasi membahas pena­nga­nan covid dengan bupati wali­kota se-Maluku dan Maluku Utara me­lalui video conference di Aula Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku pa­da pukul 08.00 WIT secara tertutup.

Selanjutnya press conference pukul 09.30 WIT. Setelah selesai memberikan keterangan kepada wartawan, rombongan menuju ke Bandara Internasional Pattimura.

Sekitar pukul 10.30 WIT Menko PMK, Menteri Kesehatan, Ketua Gustu Nasional dan rombongan lepas landas menuju Ternate dengan menggunakan pesawat khusus TNI AU. (S-39)