CLOSE AD

Harga Gula Pasir di Ambon Melambung

AMBON, Siwalimanews – Harga gula pasir terus melambung pasca kekoso­ngan stok di Bulog Maluku. Jika sebelumnya harga di pasar Rp14 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 18 ribu hingga Rp 19 ribu per kilogram.

Meski begitu, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ambon, Janes Aponno memas­tikan harga gula kedepannya akan normal lagi, karena stok yang masuk cukup banyak.

“Untuk gula  pasir sendiri kemarin dari Distributor UD 51 Gema Rejeki, stok yang sudah masuk 100 ton dan telah dibongkar 98 ton. Nantinya  harga gula akan normal kembali,” kata  Aponno kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Jumat (20/3).

Ia mengungkapkan, ketahanan gula pasir untuk dua bulan kedepan cukup dan aman. Jika masyarakat membeli dengan harga yang lumayan mahal, itu dikarenakan harga eceran yang dijual  pada swalayan dan toko merupakan sisa pasokan yang diambil dari harga sebelumnya yang sudah melonjak.

“Memang swalayan dan toko itu saat ini harus jual harga tinggi karena memang mereka ambil sebelumnya itu dengan harga yang tinggi juga,” ujar Aponno.

Pemilik Toko Bintang, Nurhayati menyebutkan, harga gula  dari harga sebelumnya Rp14 ribu per kilogram naik menjadi Rp18 ribu per kilogram. Sementara jenis sembako lain seperti telur masih stabil sampai hari ini.

Sedangkan karyawan Toko Haris Monkana yang enggan namanya dikorankan mengatakan, saat ini harga gula pasir mencapai angka Rp 18 ribu per kilogram, setelah sebelumya dijual dengan harga Rp 14 ribu per kilogram.

Ia mengaku belum mengetahui apakah harga gula pasir saat ini akan tetap naik ataukah turun.

Begitupun dengan Ridwan salah satu pedang di Pasar Mardika Ambon mengungkapkan, untuk harga sebelumya satu karung gula pasir seharga Rp 600 ribu, kini naik menjadi Rp.800 ribu.

Sebelumnya diberitakan 250 ton gula pasir dalam waktu dekat segera masuk ke Maluku. Ratusan ton gula itu akan masuk untuk mengatasi kekosongan gula pasir di  Bulog .

Kepala Bidang Pengadaan Operasional Perum Bulog Devisi Regional (Drive) Maluku Hamdani Malawat yang dikonfirmasi Jumat (20/3) mengaku  stok gula sampai saat ini masing kosong. Namun demikian, Bulog akan berupaya awal April  stok gula sudah tiba di Ambon sebanyak 300 ton. (Mg-5)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *