AMBON, Siwalimanews – Posisi Partai Golkar yang akan mengambil bagian dalam kontestasi politik November 2024 mendatang masih dinamis.

Ketua DPP partai Golkar Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Maluku, Hamzah Sangadji mengatakan, Golkar terbuka bagi seluruh kader, baik kader partai maupun kader bangsa untuk diusung sebagai calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Meski tidak melaksanakan proses pendaftaran seperti partai-partai lainnya, namun Golkar menpuh mekanise survei untuk menyaring bakal calon yang akan diusung.

Sangadji bilang, survei tahap pertama telah dilakukan dan hasilnya telah dikantongi, kemudian survei tahap kedua segera dilakukan pekan depan.

“Tetapi posisi Golkar kini masih dinamis. Jadi tergantung konsolidasi para kandidat. Kita berharap mengusung kader partai, tapi kalaupun tidak, ada kader bangsa yang juga potensial dilihat dari bacaan survei tahap pertama. Dan potensi non kader yang akan diusung Golkar, itu sangat terbuka, sebab dinamika politik masih terus berkembang, apalagi Kota Ambon sebagai barometer politik di Maluku,”cetusnya kepada wartawan, via telepon selulernya, Jumat (5/7)

Baca Juga: Dinas Pendidikan Gelar Sosialisasi Permendikbud 18

Meski demikian, Golkar masih akan menunggu hasil survei tahap kedua untuk menentukan keputusan terhadap rekomendasi. Dan semua kajian politik itu penting agar Golkar tidak salah langkah.

Sebab target Golkar secara nasional harus menang Pilkada Serentak ,70 persen.

Hamzah menambahkan, ada 4 nama, baik kader partai maupun kader bangsa yang kini maduk dalam radar DPP partai, yakni Agus Ririmasse, Bodewin Wattimena, Jantje Wenno dan Richard Rahakbauw.

Menurutnya, mereka punya potensi yang sama untuk diusung. (S-25)