NAMLEA, Siwalimanews – GUSPURLA Komando III TNI-AL menggandeng Pemerintah Kabupaten Buru, melakukan kegiatan sosial vaksinasi Covid 19 terhadap 250 masyarakat di Kota Namlea.

Kegiatan sosial vaksinasi Covid 19 dalam rangka HUT TNI Angkatan Laut ke- 76 Tahun 2021 itu dihadiri langsung oleh Komandan Guspurla Komando III TNI-AL, Laksma Pertama TNI Retiono Kunto H, SE, bertempat di aula kantor bupati, Selasa (8/9).

Sekda Kabupaten Buru, Muh Ilyas Bin Hamid SH MH mewakili Bupati dalam kegiatan itu mengatakan atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI Angkatan Laut yang telah hadir  disini dan melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat di daerah ini.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa Vaksinasi Covid 19 membutuhkan dua kali dosis penyuntikan dan memerlukan waktu sekitar 1 bulan untuk mencapai imunitas secara maksimal.

Suntikan pertama dilakukan untuk memicu respon kekebalan, suntikan kedua untuk menguatkan respon imun yang telah terbentuk.

Baca Juga: DPRD Buru Setujui Ranperda Realisasi APBD TA 2020

Program Vaksinasi sekali lagi tidak bertujuan untuk seseorang menjadi kebal dan terbebas total dari covid-19, Vaksinasi juga tidak serta merta menginginkan implementasi protokol kesehatan.

Maka itulah pelaksanaan vaksinasi harus tetap diiringi dengan disiplin, kepada seluruh masyarakat, dan saya imbau untuk selalu memakai masker mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan baik saat ini maupun setelah menjalani vaksinasi.

“Saya juga mengajak kita semua untuk mendukung tenaga kesehatan dalam melakukan upaya 3T yaitu tracking, testing, treatment untuk Meminimalisir penyebaran covid-19 sekaligus upaya pemulihan pasien positif covid 19,” ucap sekda .

Sekda juga menyentil banyaknya berita palsu atau hoax di media sosial mengiringi yang  vaksinasi agar haruslah diwaspadai.

Untuk itu ia berpesan agar carilah informasi dari sumber terpercaya, pedulilah kepada sesama dengan menerapkan prinsip filtering before sharing, dan sharing is caring, dalam konteks mencari dan berbagi informasi bermanfaat yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kepada seluruh camat dan kepala desa diminta untuk terus melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat sebagai subjek penerima vaksinasi.

Dimulai saat ini lakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara massive, narasi yang mudah dipahami, berkelanjutan dan berbasis kolaborasi, yakinkan masyarakat bahwa Vaksinasi adalah opsi rasional yang ditempuh saat ini.

Sebelum mengakhiri sambutannya, sekda mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Laut yang telah ikhlas melaksanakan kegiatan vaksinasi, sebagai sebuah orkestrasi multihelix upaya melanjutkan peradaban dan menyelamatkan generasi.

Sementara itu, Laksamana Pertama TNI  Retiono Kunto dalam sambutannya mengatakan, bahwa memang tugas Utama TNI Angkatan Laut adalah melaksanakan penegakan hukum dan kedaulatan di wilayah perairan sehingga jarang masyarakat bertemu dengan mereka.Dan di Pulau Buru ada Perwakilan Pos kita TNI Angkatan Laut letaknya di sisi Barat Pulau Buru.

Namun sesuai dengan arahan dari pimpinan TNI Angkatan Laut, hari ini ia bersama rombongan hadir di Namlea  membantu pemerintah dalam melaksanakan percepatan vaksinasi.

Sebelum itu juga sudah dilakukan kegiatan sosial vaksinasi Covid 19 kepada masyarakat yang tinggal pada beberapa pulau terluar dan Kabupaten Buru masuk dalam skala prioritas kegiatan sosial vaksinasi. (S-31)