AMBON, Siwalimanews – Natal merupakan mahakarya kasih Tuhan yang kiranya terus menginspirasi dan memotivasi umat Kristiani, khususnya para pelayan dan umat GPM di Maluku dan Malut untuk terus berjuang dan berkarya, menghidupi dan berbagi kasih melintasi batas – batas suku, agama dan status sosial.

Hal itu disampaikan Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Aparatur Denny Donald Lilipory pada perayaan Natal Sinode GPM yang dipusatkan di Gedung Gereja Betlehem Jemaat GPM Hatu, Kamis (29/12) malam.

Menurutnya, Natal tidak sebatas sebuah berita damai yang disampaikan oleh para malaikat kepada para gembala di padang Efrata, tetapi berita ini diaktakan dan dipraktekkan dalam hidup nyata umat Kristiani saat ini.

“Seperti pesan Natal Paus Fransiskus tahun ini yakni menghadirkan damai Rusia dan Ukraina serta perhatian kepada orang miskin dan termarjinal, maka pesan Natal ini juga merangkul wilayah-wilayah yang didera ketegangan dan konflik dengan beragam latar belakang,” ujarnya.

Untuk itu kata gubernur, Pemerintah Provinsi Maluku dan kabupaten/kota  serta aparat keamanan TNI dan Polri serta dukungan masyarakat terus mengupayakan damai di seluruh wilayah Maluku, termasuk damai bagi basudara di Kariu dan Pelauw, olehnya mari jaga dan pelihara bersama perdamaian, sebab semua orang merupakan agen pembawa damai itu.

Baca Juga: Permintaan Rehab Aleg Malteng Ditolak

Perayaan Natal saat ini mesti menjadi benteng untuk memperkuat Iman dan pengharapan sesuai dengan tema Natal GPM yakni Marilah Kita Pergi Berjumpa Sang Juru Selamat Kristus Tuhan dan kiranya melalui Natal Saat ini umat Kristiani senantiasa terus berjumpa dengan Yesus dan sesama serta menempuh jalan-jalan baru menuju masa depan yang penuh damai dan sejahtera, tetaplah beriman dan berpengharapan sebab dibalik badai topan dunia Tuhanlah perlindungan yang sejati.

Sebelumnya Ketua PHBG Sinode Bodewin Wattimena dalam laporannya menjelaskan, perayaan Natal GPM di tahun 2022 dilaksanakan dengan dasar ajaran GPM, tata gereja GPM, ketetapan sidang ke-38 Sinode GPM tentang Penyelarasan dan Aktualisasi PIP dan RIPP GPM tahun 2016-2025 berdasarkan SK MPH Sinode GPM Nomor: 03/SKEP/SND/D.14/3/2021 tentang Petunjuk Teknis Pemulihan Pelayanan GPM

“Natal GPM ini bertujuan mensyukuri kasih Allah bagi umat manusia, warga GPM dan ciptaan lainnya dalam momen kelahiran Yesus Kristus Putra Natal, melakukan aksi diakonal sebagai bentuk pertanggungjawaban iman kepada karya keselamatan Allah melalui Yesus Kristus,” jela Wattimen.

Dengan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama dalam perayaan Natal GPM tahun 2022 kata Wattimena, dimulai dari pencanangan minggu-minggu adventus yang dilakukan di jemaat-jemaat, pekan pembinaan keluarga di minggu-minggu adventus, perayaan Natal Sinode GPM yang dilaksanakan saat ini dan aksi diakonal berupa pemberian paket bantuan pendidikan kepada 8 orang anak yang membutuhkannya di wilayah Klasis Pulau Ambon utara

Pada kesempatan itu, Wattimena yang juga penjabat Walikota Ambon ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Maluku atas sumbangan dan bantuan untuk pelaksanaan Natal Sinode GPM Tahun 2022.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada MPH Sinode GPM yang telah mempercayakan saya sebagai panitia pelaksana Natal Sinode tahun 2022 serta kepada seluruh donatur,” ucap Wattimena. (S-26)