AMBON, Siwalimanews – Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi tingkat PPK untuk Daerah Pemilihan Ambon I, yang meliputi Kecamatan Leitimur Selatan dan Sirimau I, maka Partai Golkar memperoleh suara terbanyak, dalam perhelatan Pemilu 14 Februari kemarin.

Akumulasi jumlah suara terbanyak partai dan siapa Caleg yang pasti akan melancong ke Baileo Rakyat Belakang Soya, sudah diketahui.

Data yang diterima Siwalima, Rabu (28/2) menyebutkan, Partai Golongan Karya berhasil mendulang suara terbanyak yakni 5.100.

Selanjutnya diikuti urutan kedua perolehan jumlah suara partai terbanyak diraih oleh Partai Nasdem dengan akumulasi jumlah suara partai 4.722.

Untuk Dapil I, PDI Perjuangan berada diposisi ketiga dengan perolehan jumlah suara partai 4.500.

Baca Juga: Empat Partai Rebut Kursi Ketua DPRD Malteng

Diikuti partai Demokrat dengan perolehan suara partai 4.100, dan Perindo sebanyak 3.900 suara, selanjutnya partai Gerindra 3.800 suara dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), 3.700 suara.

Dari akumulasi jumlah suara partai itu, diketahui Caleg peraih suara terbanyak dari masing-masing partai yang akan duduk sebagai wakil rakyat periode 2024-2029 untuk Dapil I, yakni Adytia Sahuburua (Golkar).

Anak tunggal dari mantan Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua ini adalah pendatang baru yang berhasil menggeser posisi petahana, Frederika Latupapua Noya.

Demikian juga Noni Rusel (Nasdem), pendatang baru ini juga berhasil menggeser Tan Indra Tanaya yang sebelumnya di PAW menggantikan Alm. Christian Latumahina. Femri Tuanako­ta (Demokrat), pendatang baru ini juga berhasil menggeser posisi petahana Julius Joel Toisuta.

Tidak hanya itu, Valentino J Amahorseja (Gerindra) juga berhasil menggeser petahana Johny Paulus Wattimena.

Sementara Lucky Nikijuluw (PDI Perjuangan), Patrick Moenandar (Perindo)  dan Swenly Hursepuny (PKB), masih tetap mempertahankan kursi. (S-25)