MASOHI, Siwalimanews – Kendati KPU Maluku Tengah belum menetapkan hasil perolehan kursi dan calon terpilih hasil pemilu serentak di wilayah Kabupaten Malteng, namun berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara, Kamis (14/2) dini hari telah diketahui Partai Gerindra akan memegang palu di DPRD Kabupaten Malteng.

Partai Gerakan Indonesia Raya berhasil  menambah jatah perolehan kursi. Partai yang dipimpin Herry Man Carl Haurissa itu berhasil menyumbangkan kursi dari enam dapil di kabupaten tersebut.

Di dapil Malteng I yang meliputi empat  kecamatan yakni  Kota Masohi, Kecamatan Amahai, Teluk Elpaputih dan TNS,  punggawa Partai Gerindra Malteng, Herry Man Carl Haurissa menduduki posisi puncak perolehan suara seluruh caleg, baik di internal partai maupun di eksternal, dengan jumlah suara sah 2.794 suara.

Dapil Malteng II (Kecamatan Seram Utara Barat Seram Utara Timur Seti, Serut Kobi dan Seram Utara) dengan perolehan suara 3.218 suara, diungguli caleg incambent, Muhammad Zain Letahiit dengan jumlah suara sah 1.681 suara.

Dapil Malteng III (Kecamatan Tehoru, Telutih dan Banda) caleg incambent Sihabudin Hayoto mampu mendorong dominasi perolehan suara. Alhasil Partai besutan Prabowo Subianto itu mendulang suara signifikan dengan jumlah 3.851 suara.  Hasil itu kembali mengantarkan Hayoto sebagai anggota DPRD Malteng dengan jumlah suara 2.046 suara.

Baca Juga: Bawaslu Ingatkan KPU Antisipasi Persoalan Kesesuaian Data

Selanjutnya di dapil Malteng IV (Kecamatan Leihitu dan Leihitu Barat) diungguli Harli Batul dengan perolehan suara 1.473,  Dapil Malteng V (Kecamatan Salahutu) diungguli Frederik Bakarbessy dengan jumlah suara sah 984 suara. Sementara di dapil Malteng VI (Kecamatan Saparua, Saparua Timur Haruku dan Nusa Laut) diungguli Frans Anthon Loupatty dengan jumlah suara 1.361.

Ketua DPC Gerindra Malteng, Herry Man Carl Haurissa mengaku bersyukur kepada Tuhan atas capaian perolehan suara yang sangat signifikan pada Pemilu 2024.

“Kami patut bersyukur kepada Tuhan untuk capaian ini. Tentu semua ini terjadi karena kasih sayang Tuhan serta buah dari komitmen dan kerja keras caleg serta seluruh mesin partai,” tandas Haurissa, kepada Siwalima, di Masohi, Kamis (14/3).

Herry menolak mengklaim diri sebagai pemenang baginya semua partai yang bertarung adalah pemenang.

“Kita semua adalah pemenang, kami hanya sedikit, lebih dipercaya rakyat. Sebab bagi kami ini kemenangan seluruh partai politik peserta pemilu.jadi mari kita laksanakan amanat rakyat ini dengan sepenuh hati,”ujarnya.

Haurissa menyampaikan, apresiasi bagi seluruh rakyat Malteng dan seluruh kader dan simpatisan Partai Gerindra di Malteng.

“Kepada seluruh rakyat seluruh pendukung dan simpatisan,para  kader, para caleg, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas kerja keras yang dilakukan sehingga Gerindra berhasil meraih hasil maksimal pada pemilu kali ini. Mari jaga amanat dan kepercayaan rakyat ini untuk berjuang dan mengabdi bagi kepentingan rakyat,bangsa dan negara serta daerah kabupaten Maluku tengah,” kata Haurissa.(S-17)