AMBON, Siwalimanews – Gedung akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Ambon, ludes terbakar pada, Selasa (11/4) dini hari. Kebakaran itu diduga diakibatkan hubungan arus pendek listrik pada blower AC.

Kasi Humas Polresta Ambon Ipda Jane Luhukay menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi Abdul (27), bahwa kebakaran terjadi saat dirinya sementara tidur di sekretariat Padis Unpatti yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi kebakaran, tiba tiba dikagetkan dengan bunyi letusan yang berasal dari arah ruangan akademik FKIP Unpatti.

“Seteleh mendengar bunyi letusan, saksi  yang penasaran kemudian bergegas menuju lokasi asal bunyi tersebut dan melihat kobaran api dari dalam ruangan akademik FKIP Unpatti,” jelas Luhukay.

Melihat kejadian itu, saksi kemudian berteriak meminta pertolongan dan kurang lebih 5 menit, security yang berjaga di fakultas kedokteran tiba di lokasi kebakaran dan langsung menendang pintu ruangan yang sementara tertutup.

Setelah pintu ruangan dibuka, saksi melihat kondisi api yang sudah membesar, kemudian saksi menuju ke jalan raya dan meminta pertolongan dari warga sekitar untuk menghubungi petugas kebakaran.

Baca Juga: BEM Nusantara Berbagi di Bulan Ramadhan

Sekitar Pukul 04.05 Wit, 4 unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Ambon tiba di TKP dan langsung berupaya memadamkan api yang sementara masih berkobar. Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.50 WIT.

Setelah api berhasil dipadamkan, tim pemadam kebakaran kemudian mengecek asal percikan api, sekaligus memastikan bahwa, api sudah benar-benar padam, dan selanjutnya tim pemadam melakukan pendinginan di area TKP sebelum akhirnya meninggalkan TKP.

“Dugaan sementara penyebab kebakaran dari blower AC dalam ruangan. Untuk korban jiwa tidak ada, kerugian hanya materil berupa 1 bangunan yang hangus terbakar,” beber Luhukay.(S-10)