BULA, Siwalimanews – Memiliki kekayaan adat dan budaya yang unik, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur menggelar Festival Kotala yang dipusatkan di lapangan Negeri Kataloka sejak 18 November.

Festival tahunan ini sudah berlangsung sejak tahun 2021 lalu dimana, pemerintah ingin menge­nalkan seni dan budaya serta kecantikan laut dan pantai di Negeri Kataloka.

Berbagai kegiatan digelar seperti Ritual Adat Bora Ena, Parade Bendera Kerajaan Kataloka, Aksi Tarian Budaya Kataloka, Pesta Rakyat, Aksi Diving, Snorkeling, dan Mancing Mania, serta berbagai perlombaan dan turnamen lainnya.

“Event ini kita maksud untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan Nusantara agar ber­wisata di SBT,” terang bupati dalam sambut­an yang dibacakan oleh Wakil Bupati Idris Rumalutur ketika membuka Festival Kataloka, Sabtu (18/11).

Menurutnya pemda terus beren­cana mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan menerapkan tiga hal yakni, inovasi adaptasi, dan kolaborasi.

Baca Juga: Raker Pertama PWI Buru Dibawa Kepemimpinan Payapo

Ia mengaku jangan sampai potensi pariwisata yang ada menjadi sia-sia karena pemerintah hanya diam dan menunggu pihak lain untuk mengembangkanya.

Olehnya semua pihak harus bekerja sama saling mendukung dan bergerak dalam sinergitas yang baik.

“Besar harapannya, pelaksanaan event seperti ini dapat menggali potensi lokal dan memberikan manfaat bagi masyarakat lokal,” terangnya.

Tidak hanya itu event ini juga dapat memberikan kesan dan pengalaman yang terbaik bagi wisatawan, dapat menentukan target dan sasaran pengunjung yang jelas.

“Saya harap event saat ini dapat membantu memantik kembali api kreativitas di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Dirinya juga berharap event ini bisa masuk dalam agenda Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yakni Kharisma Event  Nusantara (KEN).(S-27)