AMBON, Siwalimanews – Kepala Badan Kepega­waian Sumber Daya Manu­sia (BKSDM) Kota Ambon, Benny Selanno me­ngungkapkan Pemerintah Kota Ambon telah meng­usulkan formasi calon pe­gawai negeri sipil (CPNS) ke  Kementerian Pendaya­gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Menurutnya, proses rekrutment CPNS di Indonesia termasuk Kota Ambon, harus sesuai dengan regulasi yang diber­laku­kan oleh aturan pusat.

“Formasi tahun 2021 telah diusulkan sejak tahun 2020 lalu dan kita masih menunggu penetapan formasi dari pusat sehingga kita belum bisa menga­takan kepada masya­ra­kat bahwa sudah dibuka CPNS,” ujar­nya, kepada Siwalima di Balai Kota Ambon, Senin (22/3).

Selano mengatakan, usulan telah didarat­kan ke pusat. Usulan jumlah formasi menurutnya akan disesuaikan dengan jumlah pensiunan. Sehingga total yang keluar akan sepadan dengan total yang masuk nantinya.

“Jadi kalau misalnya untuk tahun 2021 itu yang pensiun misalnya 230, tentunya kita akan mengusulkan untuk menganti pensiun,” katanya.

Baca Juga: Gonga Minta DPRD Perjuangkan Kuota CPNS

Untuk saat ini, lanjutnya kebutuhan formasi Guru sangat diutamakan terlebih lagi Guru Agama Islam yang katanya, sangat sedikit sehingga perlu ada penambahan yang cukup pada formasi tersebut.

“Kita kekurangan guru Agama Islam, kita lagi usul insya Allah mudah-murahan bisa ditetapkan oleh pemerintah pusat dalam rangka memenuhi kebutuhan kekurangan guru agama Islam,” bebernya.

Tak hanya itu, ada sejumlah formasi yang membutuhkan sejumlah sarjana teknis, juga ekonomi akuntansi yang sampai dengan saat ini masih saja dicari untuk memenuhi formasi-formasi kosong di Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“Sekaligus untuk penambahan formasi baru yang benar-benar dibutuhkan. Seperti misalnya ekonomi akutansi yang kita perlu merupakan sarjana teknis lainnya dalam rangka melengkapi kebutuhan pegawai pada setiap satuan kerja Pemerintah Kota Ambon. Termasuk Kesbanglinmas,” terangnya. (S-52)