AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi III DPRD Kota Ambon, Harry Putra Far Far menilai, kebijakan aparat kepolisian khususnya Satlantas Polresta dan Dinas Perhubungan untuk mengurai kemacetan dengan menggunakan Water Barrier di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, berhasil mengurai kemacetan. Namun, justru rawan kecelakaan di lokasi tersbeut.

“Kita lihat kemacetan sudah mulai terurai terutama di Jalan Jenderal Sudirman. Tapi mestinya untuk memaksimalkan kebijakan itu,  perlu ditempatkan satu atau dua petugas pada ujung pembatas jalan tersebut,” ujar Harry kepada wartawan, di Gedung DPRD Kota Ambon, Senin (17/10).

Menurutnya, penempatan petugas itu bertujuan demi kelancaran berlalu lintas, sehingga meminimalisir kecelakaan pada lokasi-lokasi tersebut.

“Terutama petugas diujung Water Barrier (pembatas jalan), karena ketika kendaraan putar, disitu juga rawan kecelakaan. Selain petugas Dishub juga koordinasi dengan petugas lalu lintas. Ditakutkan ada yang salah paham, lalu kemudian terjadi kecelakaan antara pengguna jalan. Kalau ada petugas mereka  bisa arahkan,” tuturnya.

Diketahui, Water Barrier terpasang sepanjang 50 meter lebih, terhitung mulai depan Patung Pahlawan Nasional Maluku sepanjang 200 meter. Pemasangan pembatas jalan itu, untuk mengurai kemacetan, terutama di Simpang Lima yang kerap menjadi pemicu kemacetan di kawasan itu.

Baca Juga: Irjen Teddy Minahasa Ditangkap Propam, Diduga Terkait Narkoba

Simpang lima menjadi titik temu kendaraan dari lima arah, yakni dari arah Kebun Cengkeh, Galunggung, arah kota menuju luar kota dan sebaliknya, serta masuk keluar kendaraan dari SPBU Kebun Cengkeh.

Kini pengendara dari arah dalam kota tidak bisa langsung menuju arah Kebun Cengkeh atau SPBU, tapi harus putar di ujung pembatas dan sebaliknya, kendaraan dari arah Kebun Cengkeh dan Galunggung menuju luar kota juga memutar diakhir pembatas.

Kasatlantas Polresta Ambon, Kompol Senja Pratama menjelaskan, pemasangan Water Barrier untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi pada jam sibuk.

“Pada intinya untuk mengurangi titik kemacetan di simpul jalan SPBU, Galunggung dan Kebun cengkeh,”ujarnya. (S-25)