AMBON, Siwalimanews – Pemerintah segera melantik raja empat negeri di Kota Ambon yang saat ini masih dijabat oleh penjabat sementara.

Empat raja yang akan dilantik yakni Negeri Urimessing, Negeri Naku, Negeri Hative Besar dan Negeri Laha.

Penjabat Walikota Bodewin Wattimena memastikan proses pelantikan akan dilakukan usai perayaan HUT Kota Ambon ke 447.

“Dalam bulan September ini kami akan lantik raja Negeri Urimessing, kemudian raja Negeri Naku, raja Hative Besar dan raja Negeri Laha,” kata walikota ketika Rapat Paripurna Istimewa DPRD Dalam Rangka HUT Ke-447, Selasa (6/9).

Diungkapkan, pelantikan kepala pemerintahan negeri di beberapa Negeri merupakan agenda penting yang belum dapat diselesaikan Pemkot Ambon dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Pasar Rakyat Pelauw Diresmikan

Hal itu menurut walikota turut menganggu proses pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di negeri-negeri tersebut.

“Belum adanya kepala pemerintahan negeri atau raja definitif, sangat mengganggu proses-proses pembangunan dan pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Hingga saat ini, Negeri Latuhalat di Kecamatan Nusaniwe menjadi contoh keberhasilan pemerintah dalam upaya menghadirkan raja defenitif. Walaupun prosesnya sempat tertunda sejak tahun 2020.

“Setelah melalui koordinasi dan dialog dengan tokoh-tokoh masyarakat serta tokoh-tokoh agama, maka pada Juni 2022 lalu telah dilakukan proses pelantikan raja Latuhalat,” tandasnya.

Untuk diketahui selain empat negeri diatas ada sejumlah negeri yang belum memiliki raja definitif yakni Negeri Tawiri, Rumatiga, Passo, Batu Merah, Seilale dan Amahusu. (S-09)