AMBON, Siwalimanews – Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2024 akan menyisir sejumlah wilayah di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di Maluku.

Program ini sudah dilaksanakan oleh bank indonesia sejak tahun 2021 lalu hingga sekarang sudah banyak wilayah di maluku yang menerima manfaat dari ERB.

Guna mendukung itu, Lantamal IX Ambon mengerahkan KRI Teluk Lada 521 untuk membawa tim ERB ke Pulau Banda, Geser, Gorom dan Tifu dan  Pulau Manipa.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim saat pelepasan mengaku tim akan membawa uang sebesar Rp 5 miliar dalam berbagai pecahan.

“Di pulau Banda BI menyiapkan 2 miliar, Pulau Geser sebesar 1,64 miliar, Pulau Gorom sebesar 630 juta, Pulau Manipa sebesar 387 juta dan Pulau Tifu sebesar 336 juta,” terangnya.

Baca Juga: Penjabat Gubernur Didesak Perhatikan Aset Daerah

Pihaknya juga akan melakukan penarikan uang lusuh, yang jelek dan mengganti dengan uang yang baru.

Sementara itu Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Suwandi dalam rilisnya, Senin (21/10) menjelaskan, ini merupakan kerjasama Lantamal dan BI Maluku.

“Ekspedisi Rupiah Berdaulat merupakan salah satu program kerjasama antara TNI AL dan BI untuk mendistribusikan, meng­amankan dan mengawal uang rupiah ke lokasi yang telah ditetapkan mau­­pun wilayah tertinggal, terdepan dan terluar guna memudahkan masyarakat untuk mengakses uang rupiah yang layak edar,” jelasnya.

Menurutnya, selain menjaga kedaulatan negara, TNI AL juga bertugas untuk menjalankan roda pembangunan nasional di seluruh wilayah NKRI.

Salah satu bagian utamanya adalah kegiatan perekonomian. Dengan armada dan kekuatan yang dimiliki diharapkan TNI Angkatan Laut dapat mendukung proses pemerataan pembangunan di bidang ekonomi.

Dengan itu dia berharap, ERB ini dapat terus berlangsung dan memberikan manfaat bagi masya­rakat khususnya di Maluku baik pada bidang ekonomi maupun sosial serta dapat menanamkan rasa bangga dan cinta rupiah sehingga dapat memperkuat kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“ERB di Provinsi Maluku pada kali ini didukung dengan KRI Teluk Lada-521 yang akan singgah di beberapa pulau yaitu Pulau Banda, Pulau Geser, Pulau Gorom, Pulau Manipa dan Pulau Buru,” ung­kapnya.

Selama ekspedisi, lanjutnya tim BI dan TNI AL akan menggelar berbagai kegiatan seperti kas keliling, sosialisasi hingga bakti sosial dan bakti kesehatan di setiap wilayah yang disinggahi. (S-25)