AMBON, Siwalimanews – Eks lokasi kebakaran yang menghanguskan 150 unit rumah termasuk kos-kosan di kompleks Ongkoliong, Batu Me­rah, akan disulap menjadi rumah susun bagi pe­dagang.

Rusun ini diperuntukan bagi pedagang yang ber­jualan di Pasar Mardika sampai Pasar Batu Me­rah, yang sebelumnya ju­ga merupakan korban kebakaran namun yang memiliki sertifikat tanah.

Kepala Dinas Peruma­han Rakyat dan Kawa­san Permukiman (PRKP) Kota Ambon, Rustam Si­manjuntak mengatakan sampai sekarang Ambon belum memiliki rusun khusus pedagang.

“Rencana kita akan bangun rusun disitu. Ka­rena rusun disitu diper­untukkan ke para peda­gang. Karena memang untuk Indonesia hanya Kota Ambon saja yang belum memiliki rusun khusus para pedagang,” kata Simanjuntak kepda wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (13/9).

Sesuai rencana pem­ba­ngunan rusun di ka­wasan air besar namun dipin­dah­kan ke Ong­ko­liong sesuai dengan per­mintaan para warga terdampak.

Baca Juga: HL Apresiasi Bank Mandiri Bantu Obat kepada Masyarakat

“Di Arbes itu sudah tidak jadi lagi, nanti akan dibangun rusun disitu (Ongkoliong-red),” tandasnya.

Ditanyakan kembali terkait dengan jumlah korban yang nantinya harus menerima rusun dari pemkot sebagai ban­tuan. Diakuinya, pihak­nya akan menyesuaikan dengan keadaan.

“Itu kan ada 79 kepala keluarga. Tapi yang punya sertifikat ada 18 KK. Mereka yang punya hak untuk mendapatkan satu unit rusun per ke­pa­la keluarga, untuk yang nanti kita lihat yang pen­ting bangun rusun dulu,” pungkasnya. (S-52)