DOBO, Siwalimanews – Pembangunan drainase sepanjang 243,4 meter dan lebar 70 centimeter yang berpusat di Kampung Baru, RT 01/01, Kelurahan Siwalima kini sudah masuk tahap penyelesaian.

Proses pekerjaan ini  dilakukan oleh puluhan personil TNI dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 di lingkup Kodim 1503 Tual.

Selain dreinase, prajurit TNI juga berpacu dengan waktu untuk menyelesai­kan pembangunan jembatan penghubung di kawasan kilo meter 9 Desa Durjela.

Pantauan Siwalima di lokasi kegiatan pembangunan drainase dengan ukuran panjang 243,4 meter dan lebar 70 cm yang berpusat di Kampung Baru, RT 01/01, Kelurahan Siwalima kini sudah masuk tahap penyelesaian.

Sejumlah masyarakat yang ditemui Siwalima di lokasi mengaku, sangat terbantu dengan pembangunan drainase ini, karena kawasan mereka jadi langganan banjir ketika hujan turun.

Baca Juga: Tabrakan Beruntun di Rumahtiga, Pengemudi Avanza Terluka

Namun, kini dengan adanya pembangunan drainase ini, tingkat genangan air hampir tidak ada, karena langsung mengalir ke pantai, sangat bermanfaat,” ungkap sejumlah warga yang di temui di lokasi kerja.

Sementara itu, Dansatgas TMMD ke-110 Kapten Inf B. Renuat mengaku, pembangunan drainase bertujuan untuk mengu­rangi kelebihan air dari lahan sekitar pemukiman masyarakat, sehigga lahan mereka dapat difungsikan secara optimal.

Selain itu, juga agar dapat mengendalikan air kepermukaan dan memperbaiki daerah becek, genangan air atau banjir serta mengendalikan air hujan yang berlebihan.

Sementara untuk pembangu­nan jembatan penghubung masyarakat di kawasan perkam-pungan masih terus dikerjakan, walaupun diperhadapkan dengan kondisi cuaca hujan.

“Kita berharap dengan dibuatnya jembatan penghubung, kedepannya akan membawa dampak yang lebih baik lagi bagi warga sekitar yang melaksana­kan aktivitas kesehariannya sebagai petani, serta permudah mobilitas pengangkutan hasil perkebunan ke pasar,” pungkasnya. (S-25)