TIAKUR, Siwalimanews – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Maluku Barat Daya merancang sejumlah program yang akan dikerjakan di tahun anggaran 2024.

“Berdasarkan APBD, beberapa program rutinitas dalam rangka pelaksanaan tugas fungsi di bidang lingkungan, salah satunya akan ada pengadaan dua bak sampah,” jelas Kepala DLH MBD Dalma Eoh kepada Siwalimanews, di ruang kerjanya, Kamis (7/3).

Selain itu ada anggaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan pakai melaksanakan survey atau pengukuran indikator indeks kualitas udara dan Indeks kualitas air.

“Tahun ini juga kita akan lakukan seperti tahun kemarin untuk menghitung Indeks kualitas air kerja sama dengan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas II Ambon,” terangnya.

Ia mengaku indeks kualitas air dan indeks kualitas udara akan diambil untuk dihitung bersama dengan indeks kualitas tutupan lahan.

Baca Juga: Belum Kantongi Dokumen D Hasil, Bawaslu Ingatkan KPU

“Dari ketiga indikator Indeks kualitas air, indeks kualitas udara dan indeks kualitas tutupan lahan ini, maka kita bisa mengetahui berapa persen indeks kualitas lingkungan hidup di MBD di tahun 2024 ini,” ucapnya.(S-28)