AMBON  Siwalimanews – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, akan medata sejumlah atlet-atlet basket, serta akan memperbaiki fasilitas pendukung sebagai sarana latihan.

Plt. Kadispora Ambon, Richard Luhukay mengungkapkan, ini merupakan implementasi dari kerja sama yang dilakukan Pemkot Ambon dengan lembaga swasta yang dipercayakan untuk menaungi atlet bersama dengan dinas teknis.

“Jadi dalam bulan Maret nantinya Dinas Pemuda Olahraga itu akan menandatangani MoU dengan beberapa pihak swasta salah satunya komunitas yang namanya for Maluku berikut dengan Developmental Basketball League (DBL) Indonesia, untuk perbaikan sarana dan prasana dan pembinaan atlet,” beber Luhukay kepada Siwalima di Balai Kota Ambon, Rabu (17/2).

Dirinya mengungkapkan, kualifi­kasi dari atlet-atlet tersebut, meru­pakan anak dengan usia belajar yang mana merupakan pelajar. Sebab akan sangat mudah untuk dibentuk karakter, serta skil bertanding.

“Kegiatan kedepan itu adalah kami sementara menyasar para pelajar, dalam hal ini tingkatan SMA. Kami dari dinas akan mendata dulu berapa banyak sekolah yang memiliki klub basket ballnya kemudian dibina,” jelasnya.

Baca Juga: Jaga Stamina Tetap Prima, Personel Gegana Rutin Olahraga  

Setelah mendata, seluruh atlit kemudian pihaknya akan memper­baharui seluruh fasilitas pen­dukung agar proses latihan dapat berjalan dengan baik.

Disamping itu juga ada rencana untuk merehabilitasi lapangan basket yang ada di Pattimura Park yang sesuai dengan standar.

“Saya berharap melalui ini kua­litas atlet basket Kota Ambon, tidak kalah dengan kota-kota besar di Indonesia,” katanya.

Dengan adanya DBL mungkin saja kerja sama ini bisa berlanjut dalam proses mendukung sarana dan prasarana olahraga khusus­nya basket di Kota Ambon. (S-52)