AMBON, Siwalimanews – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker)  Kota Ambon siap menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) untuk melakukan sosialisasi kepada warga Kota Ambon terkait dengan pentingnya jaminan ketenagakerjaan.

Sasaran sosialisasi tersebut mengarah pada seluruh pekerja yang memiliki resiko besar seperti para nelayan, petani dan lain sebagainya. Yangmana sasarannya juga mengarah ke desa, negeri dan kelurahan di Kota Ambon.

Plt Kepala Disnaker, Steven Patty mengungkapkan, terkhusus pada nelayan, hamper sebahagian besar datanya telah diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Tinggal menunggu BPJamsostek beri sosialisasi untuk mendukung program penjaminan kepada pekerja rentan.

“Kalau nelayan di Ambon yang sudah terdaftar dalam kepesertaan mendapat jaminan itu ada 2 ribu lebih. Sementara program Pemkot dengan BPJamsostek itu ditargetkan dalam tahun ini ada 15 ribu yang nanti masuk dalam program jaminan sosial tenaga kerja rentan,” jelas Patty, kepadawartawan, di Ambon, Selasa (26/1).

Patty menambahkan, program tersebut tak hanya diperuntukkan bagi nelayan dan petani saja.

Baca Juga: Warga Rutong Ditemukan Tewas Tenggelam

Namun bagi pekerja-pekerja lainnya seperti buruh sampah, di kantor-kantor gereja dan masjid, yang notabenenya merupakan pekerjaan yang rentan terkena dampak.

“Pendataan tersebut akan dilakukan pada desa/kelurahan yang berada di lingkup pemerintahan Kota Ambon. Jadi nanti kami pendataan dulu dan sosialisasi dengan BP Jamsostek terkait penjaminan tenaga kerja,” katanya. (S-52)