AMBON, Siwalimanews – Dinas Sosial Kota Ambon melaksanakan rehabilitasi sosial bagi korban kasus tindak pidana pencabulan terutama kepada para korban  anak dibawah umur.

Kepala Dinas Sosial Kota Ambon Sirjhon Slarmanat dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat (15/3) menjelaskan, rehabilitasi ini diberikan meliputi kegiatan bimbingan dan penguatan bagi anak dan keluarga dari Kementerian Sosial melalui Direktorat Rehabilitasi Sosial, serta pemberian bantuan yang berlangsung di Kantor Dinsos Kota Ambon, beberaqpa waktu lalu.

“Rehabilitasi sosial berbasis keluarga, komunitas dan residensial. Selain itu adanya bantuan dukungan proses untuk membantu seseorang agar dapat kembali seperti sedia kala,” ujarnya.

Tujuan dilakukannya rehabilitasi ini kata Slarmanat, untuk memulihkan kembali harga diri, percaya diri, kesadaran serta tanggung jawab terhadap masa depan diri, keluarga maupun masyarakat atau lingkungan sosialnya.

Selain itu, untuk memulihkan kembali kemampuan agar dapat melaksanakan fungsi sosialnya, maupun kesembuhan fisik secara menyeluruh.

Baca Juga: Dari Sidang SPPD Fiktif, Hakim Desak JPU Tetapkan PF Jadi Tersangka

“Selain adanya proses rehabilitasi social, maka penting juga atensi bagi anak dan keluarga. Atensi merupakan layanan rehabilitasi sosial dengan pendekatan pemenuhan hidup layak, perawatan sosial dan atau pengasuhan anak dan dukungan keluarga. Bantuan ini bertujuan untuk pemenuhan aspek layanan dasar bagi anak dan keluarga,” jelasnya.

Slarmanat mengungkapkan, dalam rehabilitasi tersebut, Dinsos Kota Ambon juga menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial bersama Sentra Wasana Bahagia, dalam rangka pengembalian fungsi sosial dan pemulihan psikologi anak, serta pemberian nutrisi dan kewirausahaan bagi anak dan keluarga.

“Bantuan berupa bahan pokok yang diberikan kemudian juga dari Sentra Wasana Bahagia memberikan bahan dan alat untuk berwirausaha. Bantuan tersebut diberikan dengan tujuan agar orang tua korban dapat berusaha secara mandiri guna meningkatkan pendapatan keluarga sehingga dapat memenuhi kebutuhan anak,” bebernya,

Ia berharap, orang tua dapat memberikan perhatian terhadap tumbuh kembang anak dan juga pendidikan anak agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dinsos Kota Ambon juga akan terus memantau dan memonitoring setiap bantuan yang diberikan dari Kementerian Sosial dan Sentra Wasana Bahagia, agar bantuan tersebut tetap berjalan dan bermanfaat bagi anak dan keluarganya,” janjinya.(S-29)