Ambon, siwalimanews – Pertemuan Barcelona vs Bayern Munchen be­sok dinihari, adalah sa­lah satu pertandingan yang paling ditunggu penggila bola. Bisa dibi­lang ini final yang kepa­gian. Keduanya ada­lah tim kandidat juara. Na­mun untuk musim ini, Bayern bisa dibilang le­bih diunggulkan ketim­bang Barcelona.

Pasalnya performa Ba­yern dari awal begitu solid. Mereka dengan mudah bisa melumat tim-tim Premier League asal London, Totten­ham dan Chelsea.

Tottenham digilas dua kali di fase grup. Semen­tara itu Chelsea di babak 16 besar. Robert Lewan­dowski cs memenangi kedua per­ta­rungan itu dengan margin besar pula.

Di sisi lain Barcelona tampil kurang meya­kin­kan. Hal tersebut sudah berakibat fatal di La Liga, di mana Lionel Messi dkk kehilangan gelar juara karena dikudeta Real Madrid. Mereka memang menang atas Napoli di babak 16 besar, akan tetapi mereka jelas butuh penam­pilan yang lebih baik agar bisa menga­lah­kan Bayern.

Barcelona dan Bayern Munchen sudah pernah bertatap muka se­lama delapan kali sebelum­nya, di semua ajang kom­petisi. Mereka pun saling mengalahkah.

Berikut adalah lima pertandi­ngan terakhir dua klub raksasa itu.

15 April 2009 – Liga Champions

Laga ini merupakan laga leg kedua babak perempat final Liga Champions. Pertandingan dilang­sungkan di Allianz Arena.

Bayern Munchen kala itu dilatih oleh legenda timnas Jerman, Jur­gen Klinsmann. Sementara Barce­lona ditukangi oleh Josep Guar­diola.

Bayern masih diperkuat pemain seperti Lucio, Mark Van Bommbel, Ze Roberto, Luca Toni, hingga Hans Jorg Butt. Di Barcelona, masih ada pemain seperti Carles Puyol, Eric Abidal, Yaya Toure, dan Samuel Eto’o.

Di leg pertama, Barcelona me­nggulung Bayern 4-0. Jadi laga leg kedua ini layaknya laga formalitas belaka. Pada akhirnya pertandi­ngan berakhir imbang dengan skor 1-1. Bayern unggul lebih dahulu melalui Franck Ribery pada menit ke-47. Seydou Keita kemudian menyamakan skor pada menit 73. Blaugrana pun melaju ke semifinal dengan agregat 1-5.

24 April 2013 – Liga Champions

Duel ini merupakan duel leg per­tama semifinal Liga Champions. Bayern Munchen saat itu ditukangi oleh Jupp Heynckes dan Barcelona dipimpin almarhum Tito Vilanova.

Lionel Messi dimainkan di per­tandingan ini. Ia mendampingi Ale­xis Sanchez dan Pedro. Akan tetapi La Pulga tak banyak berkutik di pertandingan tersebut.

Di babak pertama laga berlang­sung alot dan hanya satu gol saja yang tercipta yakni melalui gol Thomas Muller pada menit ke-25. Di babak kedua, Bayern menggila.

Mereka mencetak gol empat menit setelah turun minum mellaui Mario Gomez. Pada menit ke-73, Robben ikut mencatatkan nama­nya di papan skor pada menit 73 dan diikuti gol Muller pada menit 82. Bayern pun menang telak 4-0. Padahal Barcelona mendominasi pengusaan bola.

2 Mei 2013 – Liga Champions

Duel ini adalah duel leg kedua babak semifinal Liga Champions. Barcelona menjadi tuan rumah di laga ini. Mereka berusaha untuk memaksimalkan laga di Camp Nou itu karena di leg pertama kalah telah 4-0 dari Bayern Munchen.

Skuat Barcelona saat itu memiliki Pedro, David Villa, Xavi, Cesc Fab­regas, hingga Marc Bartra dan Victor Valdes. Thiago Alcantara saat itu juga masih menjadi penghuni Camp Nou. Sementara itu di Ba­yern masih ada nama pemain seperti Mario Mandzukic, Franck Ribery, Arjen Robben, dan Daniel Van Buyten.

Barca ternyata tak bisa memak­simalkan keuntungan bermain di kandang sendiri. Skuat yang saat itu diasuh oleh almarhum Tito Vila­nova tersebut malah dibekap de­ngan skor 0-3. Padahal Blaugrana lebih unggul dalam penguasaan bola.

Robben mencetak gol pembuka Bayern pada menit ke-48. Gerard Pique kemudian mencetak gol bunuh diri pada menit ke-72, dan empat menit kemudian, Thomas Muller menggenapi kemenangan sang tamu.

7 Mei 2015 – Liga Champions

Laga ini merupakan laga leg pertama babak semifinal, yang berlangsung di Camp Nou.

Sang tuan rumah mengandal­kan tridente MSN: Neymar, Lionel Messi, dan Luis Suarez. Semen­tara itu Bayern mengandalkan Robert Lewandowski yang ditopang oleh Thomas Muller dan Bastian Schweinsteiger.

Duel di babak pertama berjalan dengan alot. Tak ada aksi alias gol yang tercipta di babak tersebut.

Semua aksi menarik baru terjadi pada babak kedua. Diawali dengan gol dari Messi pada menit ke-77. Dengan tendangan kerasnya, ia menjebol gawang Neuer.

Tiga menit kemudian, Messi kembali mencatatkan namanya di papan skor. Ini adalah gol yang ikonik bagi La Pulga, di mana ia dengan mudah mengelabui bek sekelas Jerome Boateng dan mem­buatnya pontang-panting dan akhirnya terjatuh. Messi juga menaklukkan Neuer dengan mudahnya dengan kaki kanannya.

Aksi Messi tak berhenti di situ. Pada injury time, ia memberikan assist matang yang dituntaskan oleh Neymar.

13 Mei 2015 – Liga Champions

Duel ini terjadi di markas Bayern Munchen, Allianz Arena. Duel lawan Barcelona ini adalah laga leg kedua babak semifinal Liga Champions.

Saat itu Barcelona ditukangi oleh Luis Enrique. Di sisi lain, Bayern Munchen dinahkodai oleh Josep Guardiola.

Bayern masih diperkuat oleh pe­main seperti Xabi Alonso, Bastian Schweinsteiger, Philip Lahm, dan Mehdi Benatia. Di Barcelona, masih ada Neymar, Andres Iniesta, Dani Alves, dan Javier Mascherano.

Bayern dalam kondisi sangat sulit pada saat itu. Pasalnya di leg pertama di Camp Nou, mereka kalah telak 3-0. Mereka hanya bisa mengharapkan keajaiban di leg kedua ini.

Benatia sukses membuat Ba­yern unggul cepat pada menit ke tujuh. Akan tetapi harapan Bayern dengan cepat dipupuskan oleh dua gol Neymar pada menit 15 dan 29.

Bayern berusaha untuk tidak menyerah. Di babak kedua mereka bisa menambah dua gol lagi melalui Robert Lewandowski dan Thomas Muller. Mereka akhirnya menang namun dengan skor 3-2 saja. Hal tersebut tentu tak cukup bagi Bayern. Mereka kalah 3-5 secara agregat dari Barcelona.

Duel perempat final Liga Champions antara Barcelona vs Bayern Munchen ini nanti akan digelar dalam satu leg saja. Pertandingan ini akan digelar di Lisbon, 15 Agustus 2020 dini hari WIB. (web)