AMBON, Siwalimanews – DPRD Maluku mendesak pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/Kota untuk mengevaluasi seluruh kebijakan penurunan inflasi.

Desakan ini diungkapkan Ketua DPRD Provinsi Maluku Benhur George Watubun kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Kamis (13/6) merespon peningkatan inflasi di Maluku pada bulan Mei lalu.

Watubun menjelaskan kenaikan inflasi di Maluku yang mencapai 4.1 persen dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 2.43 persen harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah.

Apalagi persoalan inflasi di Maluku telah mendapatkan atensi khusus dari Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian maka Penjabat Gubernur Maluku dan kepala daerah lain harus segera mengevaluasi seluruh kebijakan penurunan inflasi selama ini.

“Kota Ambon menjadi daerah penyumbang begitu besar inflasi di tingkat Provinsi Maluku maka harus ada keseriusan seluruh kepala daerah di bawah koordinasi pejabat gubernur untuk mengevaluasi pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan khusunya berkaitan dengan penurunan inflasi,” tegas Watubun.

Baca Juga: Jelang HUT Bhayangkara, Polsek Pp Aru Salurkan Bansos

Menurutnya, kebijakan yang selama ini belum berdampak pada penurunan inflasi harus diubah dan mencari kebijakan lain yang dapat menekan angka inflasi.

Selain itu, sinergitas antara Pemprov dan Pemda harus terus diutamakan dalam menekan angka inflasi di Provinsi Maluku sehingga tidak mendapat atensi dari pemerintah pusat terkait dengan lajunya inflasi yang begitu cepat lagi.

“Kita berharap pemerintah daerah segera mengambil tindakan guna menurunkan inflasi di Maluku sehingga ekonomi tetap terjaga,” tutur Watubun.(S-20)