AMBON, Siwalimanews –  DPRD Maluku serius membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur tahun 2023 dengan membentuk panitia khusus LKPJ.

Ketua DPRD Provinsi Maluku, Benhur George Watubun menjelaskan, pembentukan pansus dimaksud agar DPRD lebih dalam melakukan evaluasi terhadap LKPJ Gubernur.

Bahkan, pembentukan Pansus LKPJ Gubernur tahun 2023 telah dilakukan beberapa waktu lalu dengan dinakhodai Rovik Akbar Afifuddin sebagai ketua dan Edison Sarimanella sebagai Sekretaris pansus.

“Untuk mengevaluasi dan mendalami lebih serius terkait LKPJ gubernur maka kita sudah membentuk Pansus di pimpin oleh Rovik Akbar Afifudin dan Sekretaris Edison Sarimanella,” ujar Watubun kepada wartawan di Baileo Karang Panjang Ambon,.Rabu (27/3).

Dijelaskan, pansus nantinya akan melihat kesesuaian antara item-item dalam laporan keterangan pertanggung jawaban yang disampaikan Gubernur Maluku dengan realisasi di lapangan.

Baca Juga: Temui Pangdam, Kepala BI Bahas Pengendalian Inflasi

Apalagi saat ini, Lanjut Watubun, empat komisi di DPRD Provinsi Maluku sedang melakukan pengawasan pada 11 kabupaten dan kota di Maluku.

“Sekarang ini kita lagi menyelesaikan pengawasan di 11 kabupaten/kota untuk melihat kesesuaian antara pekerjaan dengan laporan dan sesudah itu kita fokus pada LKPJ Gubernur Maluku,” tegasnya.

Watubun memastikan jika nantinya dalam pembahasan ditemukan persoalan yang fundamental, maka tidak menutup kemungkinan pansus akan mengeluarkan rekomendasi atas LKPJ gubernur.

“Jadi kita tunggu saja hasil nanti seperti ketika Pansus berproses dan sebelumnya nanti kita akan serahkan ke komisi untuk komisi membahas,” pungkas Benhur.(S-20)